Comscore Tracker

Barisan Celeng Berjuang Ada di Jabar? Begini Kata DPD PDI Perjuangan

Barisan Celeng Berjuang pendukung Ganjar Pranowo di pilpres

Bandung, IDN Times - Pendukung Ganjar Pranowo dalam Pilpres 2024 yang menatas namakan Barisan Celeng Berjuang menjadi polemik dalam tubuh Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan.

Merespons hal itu, Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PDI Perjuangan Jabar memastikan bahwa kedernya akan mengikuti semua intruksi dari Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri. Adapun gerakan itu diklaim belum ada di Jabar. 

1. DPP sudah minta kader untuk tidak membahas Pilpres 2024

Barisan Celeng Berjuang Ada di Jabar? Begini Kata DPD PDI PerjuanganPDIP daftarkan bacaleg ke KPU (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)

Ketua DPD PDI Jabar Ono Surono mengatakan, berdasarkan penelusuran langsung di lapangan, belum ditemukan adanya gerakan itu di Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDI Perjuangan kabupaten dan kota.

"Kader PDIP Jabar benar-benar menjalankan hasil Kongres V PDIP dan instruksi dari DPP Partai bahwa terkait capres dan cawapres adalah kewenangan ibu ketua umum," ujar Ono saat dihubungi, Rabu (13/10/2021).

2. DPD PDI Perjuangan Jabar akan menginstruksikan agar kader ikuti arahan DPP

Barisan Celeng Berjuang Ada di Jabar? Begini Kata DPD PDI PerjuanganANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

Meski begitu, Ono bilang bahwa DPD PDI Perjuangan Jabar akan terus melakukan koordinasi dengan DPC PDI Perjuangan di kabupaten dan kota. Jangan sampai, ada kader yang tidak melaksanakan arahan dari DPP.

"Kami DPD PDI Perjuangan selalu (diinstruksikan) agar kader mematuhi instruksi DPP," katanya.

3. Celeng vs Banteng sempat trending di media sosial

Barisan Celeng Berjuang Ada di Jabar? Begini Kata DPD PDI PerjuanganIDN Times/Margith Juita Damanik

Untuk diketahui, Ketua Umum Megawati Soekarnoputri sudah mengeluarkan surat bernomor 3134/IN/DPP/VIII/2021 pada 11 Agustus 2021 lalu yang melarang para kadernya membahas mengenai capres di pemilu 2024.

Namun, pada 25 September 2021 lalu, pengurus DPC PDI Perjuangan di Kabupaten Purworejo malah mendeklarasikan diri bakal mendukung Ganjar Pranowo menjadi capres pada Pemilu 2024.

Acara deklarasi yang digelar di sebuah rumah makan di Purworejo itu juga dihadiri oleh Ketua DPC PDIP Purworejo dan Ketua Bapilu, Albertus Sumbogo. Ia bahkan mengaku siap bila akan dijatuhi sanksi hingga dipecat dari PDIP karena mengusung Ganjar sebagai capres.

Langkah membelot sejumlah kader PDIP kemudian direspons oleh Ketua Badan Pemenangan Pemilu DPP PDIP, Bambang Wuryanto. Ia melabeli kader yang tidak patuh terhadap instruksi ketum sebagai celeng.

"Adagium di PDIP itu, yang berada di luar barisan bukan banteng. Itu namanya celeng. Jadi, apapun alasan menggelar deklarasi, kalau di luar barisan ya celeng," ungkap Bambang pada Senin, 11 Oktober 2021 lalu.

Ia menegaskan bahwa PDIP merupakan barisan yang mendapat perintah. "Jadi, siapapun yang merasa jadi barisan PDIP, harus ada di barisan. Mereka ada di barisan yang diperintah," tutur dia lagi.

Gara-gara istilah yang disampaikan oleh pria yang akrab disapa Bambang Pacul itu, sempat trending tagar banteng versus celeng. Bahkan, kader PDIP yang masuk relawan Ganjar membuat logo babi celeng untuk merespons tudingan Bambang Pacul.

4. Pernyataan celeng itu tidak etis dilontarkan untuk kader yang beda pandangan

Barisan Celeng Berjuang Ada di Jabar? Begini Kata DPD PDI PerjuanganKetua DPD PDIP Jateng Bambang Pacul. IDN Times/Fariz Fardianto

DPC PDIP Purworejo kesal ketika dilabeli celeng oleh Bambang Pacul. Maka, para kader merespons Bambang Pacul dengan membuat logo dan meme bertuliskan "Barisan Celeng Berjuang." Logo ini pun dengan cepat beredar luas di media sosial. 

Di logonya terlihat gambar hewan babi berwarna merah dengan gigi taring panjang dan memiliki tanduk. Menurut Sumbogo, itu bukan logo resmi partai, melainkan bentuk ekspresi kemarahan para kader kepada Bambang Pacul. 

"Itu anak-anak karena mereka merasa tersinggung, akhirnya membuat meme saja," kata Sumbogo. 

Menurutnya, tidak etis hanya karena berbeda pandangan di internal partai lalu dilabeli dengan hewan seperti babi celeng. "Itu kan gak manusiawi," tutur dia lagi. 

Baca Juga: Friksi di Internal PDIP Gegara Capres 2024: Barisan Banteng VS Celeng 

Baca Juga: Vonis 12 Tahun Juliari Batubara hingga Ancaman PDI Perjuangan

Topic:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya