Atalia Kamil Dukung Lahirnya Gaya Bermain Golf dengan Style Hijab

Atalia Kamil apresiasi komunitas Hijab Golfer

Bandung, IDN Times - Olahraga golf kini mulai banyak digandrungi masyarakat Indonesia. Tidak hanya pria, perempuan juga kini mulai banyak menggeluti dunia yang identik dengan olahraga para pejabat atau pengusaha itu.

Ketua Tim Penggerak PKK Jabar, Atalia Praratya Kamil mengatakan, perempuan berhijab kini sudah bisa bermain golf dengan tetap mengenakan jilbab dan tetap syar'i melalui komunitas Hijab Golfer.

"Saya senang dan apresiasi golf semakin lama semakin diminati. Kan selama ini golf identik dengan pebisnis dan pejabat, sekarang melebar dan diminati anak muda juga emak-emak. Apalagi golfer juga berhijab ini perempuan hebat dan kuat," ujar Atalia kepada wartawan di acara Turnamen Golf yang digelar Arktiv dan Hijabgolfer, Senin (30/1/2023).

1. Golf tidak melulu soal perempuan seksi

Atalia Kamil Dukung Lahirnya Gaya Bermain Golf dengan Style HijabIsteri Gubernur Jawa Barat (Jabar), Atalia Praratya Kamil (IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Atalia juga berterima kasih pada komunitas Hijab Golfer atas terobosan yang lahir terkait style untuk perempuan yang berhijab. Lahirnya komunitas ini juga menjadi bukti bawah perempuan berhijab tetap bisa bermain golf dengan nyaman.

"Saya apresiasi semua yang baik, kita harus dukung golf identik berpakaian seksi dan ternyata enggak. Golf bisa fun, bisa pake baju nyaman dengan hijab," ungkapnya.

2. Anggota tidak hanya dari Kota Bandung

Atalia Kamil Dukung Lahirnya Gaya Bermain Golf dengan Style HijabIlustrasi lapangan golf. pexels.com/Lucie Liz

Sementara itu Founder Hijab Golfer, Desi Fatmawati (35 tahun) mengatakan, komunitas Hijab Golfer digelar untuk mempererat silahturahmi member seluruh Indonesia. Adapun di dalam komunitas ada kegiatan turnamen dan main bareng (mabar).

"Kami ada yang dari Lombok dan berbagai daerah. Ini komunitas. Kami mabar sebulan sekali turnamen tiga bulan sekali. Bisanya ada winer kategori," ujar Desi.

3. Hijab Golfer merangkul sampai 180 anggota

Atalia Kamil Dukung Lahirnya Gaya Bermain Golf dengan Style Hijabilustrasi rumput golf (Unsplash.com/Obi - @pixel6propix)

Menurutnya, komunitas Hijab Golfer ini bentuknya masih untuk bersenang-senang dan belum mengarah untuk pembekalan menjadi atlet. Meski demikian, ada salah seorang membernya yang menjadi atlet PON Golf.

"Anggota kami sudah ada 180 orang selama dua tahun. Kami latihan bareng dan sharing ilmu saja. Syaratnya aktif di WA grup dan harus berhijab," katanya.

4. Kini telah ada baju khusus muslimah untuk bermain golf juga ada

Atalia Kamil Dukung Lahirnya Gaya Bermain Golf dengan Style HijabGambar oleh Pexels dari Pixabay

Sedangkan, Anggina, Founder Arktiv mengatakan, dalam membuat pakaian olahraga untuk muslimah bermain golf, ia mendesain dan menyesuaikan dengan spesifikasi terutama dengan cuaca Indonesia yang nyaman bagi muslimah saat berolahraga.

"Jadi disesuaikan gerak dan waktu olahraga. Contohnya, banyak gerakan membuat hip, jadi butuh rok tidak boleh terlalu ketat tapi bisa membantu gerakan dengan tidak menghambat. Jadi ada daleman khusus untuk running," katanya.

Hijab untuk golf ini, kata dia, didesain untuk mempermudah gerakan tanpa ada hambatan. Karena, permainan golf identik erat kaitannya dengan aktivitas di tangan dan bahu.

Baca Juga: 5 Artis Muda Muslim yang Pernah Memerankan Tokoh Non Muslim

Baca Juga: Jokowi Tokoh Muslim Berpengaruh ke-13 Dunia Versi The Muslim 500

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya