49 Pilkades Serentak 2021 di Kabupaten Bandung Habiskan Rp9,5 Miliar

Kebutuhan dana per hak pilihnya meningkat 100%

Kabupaten Bandung, IDN Times - Bupati Kabupaten Bandung Dadang Supriatna mengungkapkan, Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di Kabupaten Bandung yang akan digelar serentak pada 14 Juli akan berlangsung di 49 desa. 

Dalam pelaksanaan Pilkades Serentak 2021 itu, Pemkab Bandung harus mengalokasikan dana sebesar Rp9,5 miliar.

“Di musim pandemik ini, kebutuhannya naik 100%. Biasanya 10.000 per hak pilih, sekarang dianggarkan 20.000 per hak pilih, dengan total sekitar Rp9,5 miliar untuk 480.000 hak pilih,” ucap Dadang Supriatana usai acara pelantikan penjabat kepala desa di Gedung Mohamad Toha, Soreang, Jumat (30/4/2021).

1. Peningkatan anggaran disebabkan pelaksanaannya di tengah COVID-19

49 Pilkades Serentak 2021 di Kabupaten Bandung Habiskan Rp9,5 MiliarDok. Humas Pemkab Bandung

Dadang mengungkapkan, peningkatan anggaran tersebut dikarenakan pelaksanaannya di tengah pandemik COVID-19. Selain penyediaan masker, sarung tangan dan hand sanitizer, jumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) pun akan bertambah.

Pemerintah desa juga telah diarahkan, untuk mengalokasikan sebesar 8% dari Dana Desa untuk pelaksanaan pilkades.

“Saya kira tidak ada alasan untuk tidak bisa melaksanakan. Saya cukup optimis dengan persiapannya. Kami juga sudah rapat dengan Forkopimda, sudah sepakat akan mengamankan dan mengawal pelaksanaan pilkades, tentunya yang sesuai dengan standar prokes (protokol kesehatan),” jelas Dadang Supriatna.

2. Pemerintah desa diminta segera melakukan persiapan

49 Pilkades Serentak 2021 di Kabupaten Bandung Habiskan Rp9,5 MiliarDok. Humas Pemkab Bandung

Bupati Bandung Dadang Supriatna juga meminta pemerintah di 49 desa tesebut untuk segera melakukan tahapan persiapan pilkades serentak tahun 2021.

“Persiapannya diharapkan sudah mulai hari ini, terutama penjabat, harus segera berkoordinasi di lapangan. Harus segera membentuk kepanitiaan dengan BPD (Badan Permusyawaratan Desa), atau musyawarah desa di masing-masing desa,” ucapnya.

3. Puluhan pejabat kepala desa dilantik

49 Pilkades Serentak 2021 di Kabupaten Bandung Habiskan Rp9,5 MiliarDok. Humas Kabupaten Bandung

Pada kesempatan yang sama, Dadang Supriatna melantik sebanyak 32 orang pejabat kepala desa. Di mana 28 orang mengisi kekosongan karena habis masa jabatan kepala desa sebelumnya, 2 orang menggantikan kepala desa yang meninggal,1 orang hasil pemilihan Penggantian Antar Waktu (PAW), dan 1 orang hasil Pemungutan Suara Ulang (PSU).

“Mungkin nanti bulan Mei sisanya, yaitu sekitar 21 penjabat kepala desa yang akan dilantik. Kalau yang 2 desa (PAW dan PSU) menyelesaikan masa jabatannya sampai akhir, sedangkan penjabat itu sampai selesainya pilkades serentak di Kabupaten Bandung,” terang Bupati Bandung Dadang Supriatna.

Baca Juga: Angka Vaksinasi Lansia di Kabupaten Bandung Baru 1,9 Persen

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya