Comscore Tracker

Sempat Terinfeksi, Pelaut Peserta Tes Rapid Majalengka Negatif Corona

Jumlah ODP di Majalengka meningkat

Majalengka, IDN Times - Pelaut kelahiran Majalengka yang kini berstatus pasien dalam pemantauan (PDP) dan berdomisili di Cirebon dinyatakan negatif setelah menjalani tes swab. Padahal, yang bersangkutan sempat melakoni rapid test sebanyak dua kali dan dinyatakan positif COVID-19.

Selain itu, sembilan sampai 20 orang yang mengikuti rapid test di Kecamatan Rajagaluh Kabupaten Majalengka pun seluruhnya dinyatakan negatif. Pemeriksaan sendiri dilakukan menyusul PDP meninggal dunia di RS Cirebon.

1. Sempat jadi PDP, satu pasien dipulangkan dari RSUD Cideres

Sempat Terinfeksi, Pelaut Peserta Tes Rapid Majalengka Negatif CoronaIDN Times/Andra Adyatama

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Majalengka, Alimudin, mengatakan kalau sang pelaut kini telah pulang setelah menjalani isolasi di RSUD Cideres, Majalengka. "PDP sudah pulang kemarin dan kondisinya sudah mulai membaik," kata Alimudin, ketika dihubungi pada Selasa (14/4).

Sementara itu soal rapid test yang digelar di Rajagaluh, mesti dilakukan mengingat adanya PDP asal Majalengka yang meninggal dunia di Rumah Sakit Sumber Waras Cirebon. "Jadi sebagai antisipasi kita periksa keluarga, tetangga dan orang terdekatnya. Hasilnya sudah saya terima, semuanya negatif," ujar pria yang juga menjabat sebagai Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Majalengka ini.

Ia bekerja sebagai Tenaga Kerja Indonesia (TKI)  di Uni Emirat Arab Dubai sebagai pelaut. Saat pulang ke Indonesia ia sakit dengan gejala menyerupai gejala COVID-19. Setelah diperiksa dua kali lewat metode rapid test, ia sempat dinyatakan positif.

2. Jumlah ODP Majalengka meningkat

Sempat Terinfeksi, Pelaut Peserta Tes Rapid Majalengka Negatif CoronaIlustrasi (ANTARA FOTO/Abriawan Abhe)

Di luar itu, Ali juga membeberkan data dari Pusat Informasi dan Komunikasi Kabupaten Majalengka terkait COVID-19 pada Selasa (14/4) "Kalau ODP Selasa ini 383 jiwa. Jumlah itu meningkat, jika dibandingkan dengan hari Senin kemarin yang berjumlah 378 jiwa," ujarnya.

Per Selasa (14/4), jumlah PDP di Kabupaten Majalengka menjadi 24 orang. Jumlah itu terdiri dari 20 orang selesai pengawasan dan empat orang masih pengawasan alias dirawat di rumah sakit.

Sedangkan jumlah positif COVID-19 di Majalengka hingga saat ini belum ada perubahaan. "Masih tetap satu orang yang positif, yakni warga Kecamatan Kasokandel. Mudah mudahan tidak ada penambahan," harapnya.

3. Dinkes sudah lakukan rapid test kepada 20 orang

Sempat Terinfeksi, Pelaut Peserta Tes Rapid Majalengka Negatif CoronaIDN Times/Andra Adyatama

Sebelumnya, Dinas Kesehatan Kabupaten Majalengka menggelar rapid test kepada 20 orang keluarga dan orang terdekat PDP yang meninggal dunia pada Senin (13/4).

Mereka diperiksa di depan halaman rumah PDP yang meninggal di Kecamatan Rajagaluh Kabupaten Majalengka itu.

Topic:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya