TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Siapkan 1.253 Kuota, Disdik Jabar Kembali Jalan Program JFLS 2021 

Tahun ini beasiswa perguruan tinggi ada di luar Jawa Barat

IDN Times/Istimewa

Bandung, IDN Times - Pemerintah Provinsi Jawa Barat kembali menambah kuota peserta yang mengikuti program Jabar Future Leaders Scholarship (JFLS). Program ini merupakan salah satu upaya pemerintah dalam sektor pendidikan dengan mengejar rata-rata lama sekolah. 

Pada 2021, beasiswa yang diperuntukan khusus masyarakat tersedia sebesar 1.253 orang dengan 108 perguruan tinggi. Bahkan, perguruan tinggi yang bisa di tempuh pun tidak hanya di wilayah Jabar. 

Kepala Dinas Pendidikan Jabar Dedi Supandi mengatakan, jumlah pendaftar JFLS selalu meningkat setiap tahunnya hingga mencapai lebih dari 35 persen. Di mana pada JFLS 2021 ini disediakan kuota sebesar 1.253 untuk berbagai jenis beasiswa dan 108 perguruan tinggi yang terlibat termasuk yang ada di luar Jabar.

"Tahun 2021 ini Jabar Future Leaders Scholarship untuk pertama kali bekerja sama dengan Perguruan Tinggi di luar Jawa Barat yang diantaranya, Universitas Gadjah Mada, Universitas Diponegoro, Universitas Airlangga, serta Institut Teknologi Sepuluh November," ujar Dedi Supandi saat penyerahan beasiswa JFLS dan penyerahan sertifikat Calon Kepala Sekolah, Kamis (23/9/2021).

1. Pemprov Jabar anggarkan Rp25 miliar untuk beragam beasiswa

IDN Times/Istimewa

Adapun berbagai bantuan beasiswa yang disediakan, yaitu beasiswa pendidikan S1 Penuh, bantuan biaya pendidikan S2 dan S3, beasiswa pendidikan untuk jenjang D3, D4 dan S1 Program Studi di Luar Kampus Utama (PSDKU), beasiswa prestasi seni dan budaya, prestasi olahraga, prestasi aktivis, dan prestasi keagamaan. Di mana anggaran untuk kuota sebesar 1.253 tersebut yaitu sebesar Rp25 miliar.

"Kami berharap teman-teman yang mendapat beasiswa mampu mengamalkan dan memanfaatkan ilmunya bagaimana membangun desa desa yang ada di Jabar, karena Jabar Lahir Batin akan hadir apabila seluruh desa dan kelurahan sebagai desa dan kelurahan yang juara," harap Dedi.

2. Diharapkan membentuk SDM berkualitas untuk menjadi calon pemimpin masa depan

IDN Times/Istimewa

Selain itu, keberhasilan Program Pendampingan tahun sebelumnya juga diteruskan di tahun ini. Hal itu bertujuan agar beasiswa JFLS 2021 ini dapat mencapai tujuan, yaitu untuk membentuk pemuda yang memiliki jiwa kepemimpinan dan jiwa kewirausahaan.

"Tidak hanya itu, di tahun 2021 ini juga telah diselenggarakan Program Magang bagi para penerima beasiswa Jabar Future Leader Scholarship tahun 2020 dan 2019, yang mana para peserta magang diberikan pengalaman profesional dalam pengelolaan dan proses penyelenggaraan beasiswa di Dinas Pendidikan Jawa Barat," kata dia.

Ke depan, Dedi menyampaikan, pihaknya berharap beasiswa ini dapat terus melahirkan calon-calon pemimpin yang berkualitas dan berintegritas, serta turut hadir dalam memajukan Provinsi Jawa Barat untuk mewujudkan Jabar Juara.

"Dan mampu memberikan solusi bagi berbagai permasalahan yang ada di Jawa Barat," katanya.

Baca Juga: Yuk Diambil! Disdik Jabar Gratiskan Ijazah Siswa yang Tertahan

Berita Terkini Lainnya