TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Bentrok Ormas PP VS Garis, 1 Luka-7 Orang Jadi Tersangka

Berawal dari penarikan sepeda motor salah satu anggota ormas

Sekretariat ormas Garis jadi sasaran (IDN Times/Siti Fatimah)

Kota Sukabumi, IDN Times - Bentrok antar organisasi masyarakat (ormas) terjadi di Kota Sukabumi. Kejadian itu melibatkan ormas Pemuda Pancasila (PP) dan Gerakan Reformis Islam (Garis).

Peristiwa itu bermula dari aksi penarikan sepeda motor yang dilakukan oleh debt collector sekaligus anggota ormas PP kepada anggota ormas Garis. Kemudian, berbuntut panjang saat ormas Garis mendatangi kantor leasing yang berada di Jalan Sudirman, Kelurahan Sriwedari, Kecamatan Gunungpuyuh, Kota Sukabumi.

"Pihak dari ormas Garis mendatangi korban AM  (27) dari pihak external PT Wom Finance Sukabumi yang mana AM pun adalah anggota ormas Pemuda Pancasila, untuk menanyakan penarikan sepeda motor yang menunggak angsuran," kata Kapolres Sukabumi Kota AKBP Rita Suwadi, Minggu (15/9/2024).

1. Cekcok hingga aksi pukul di kantor leasing

Rita mengatakan, peristiwa itu terjadi pada Jumat (13/9) lalu. Kedua belah pihak sempat terlibat cekcok. Kemudian korban AM tiba-tiba dipukul oleh E yang memicu anggota ormas Garis lainnya ikut memukul dan mendorong.

"Lalu korban AM melarikan diri dengan menggunakan sepeda motor, dan sepeda motor yang ditarik oleh pihak WOM Finance atau AM dibawa oleh debitur yang meminta tolong kepada ormas Garis setelah itu ormas Garis membubarkan diri dari kantor Wom Finance Sukabumi," ujarnya.

2. Penyerangan ke sekre ormas Garis

Ternyata permasalahan itu tak berhenti sampai di sana. Aksi penyerangan berlanjut setelah korban AM memberitahukan permasalahan tersebut kepada rekan-rekannya di Pemuda Pancasila.

"Karena solidaritas antar sesama anggota ormas PP, berkumpulah seluruh anggota PP di kantor PP di Lapang Merdeka Kota Sukabumi yang mana ormas PP tersebut melakukan konvoi untuk menunjukan bahwa ormas PP masih ada (eksistensi)," kata dia.

Selanjutnya, pada malam harinya ormas PP diduga melakukan penyerangan ke kantor Sekretariat ormas Garis di Kota Paris Timur, Cikole, Kota Sukabumi.

"Para pelaku ormas Pemuda Pancasila dengan bersama-sama melakukan pengrusakan terhadap tempat kantor sekretariat ormas Garis dengan cara melempar menggunakan batu, balok dan juga dengan tangan kosong yang menyebabkan kantor tersebut rusak pada bagian kaca dan pintu," jelasnya.

Berita Terkini Lainnya