TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Di Hadapan Alumni ITB Anies Janji SDM Lokal akan Kuasai Industri

Anies klaim SDM luar negeri sudah terlalu banyak

Bacapres Anies Baswedan bertemu dengan ratusan alumni ITB, Minggu (1/10/2023), di Kota Bandung. Debbie Sutrisno/IDN Times

Bandung, IDN Times - Bakal calon presiden (Bacapres) Anies Baswedang bertemu dengan ratusan alumni Institut Teknologi Bandung (ITB). Pertemuan ini berlangsung setelah sebelumnya dia bertemu dengan simpatisan di kawasan Stadion Jalak Harupat, Kabupaten Bandung.

Dalam pertemuan tersebut, Anies berjani kepada para alumni ITB bahwa dia akan mengedepankan penggunaan sumber daya manusia (SDM) dalam negeri untuk berbagai kegiatan industri. Menurutnya, tenaga kerja lokal khususnya para lulusan kampus di Indonesia mempunyai skil yang tidak kalah bagus dibandingkan SDM dari luar negeri.

"Tenaga kerja di Indonesia itu setara. Dan kami membuktikan ketika di Jakarta membangun JIS (Jakarta Internasional Stadium) yang sangat kompleks dan diakui dunia sebagai bangunan mega structure yang luar biasa," kata Anies, Minggu (1/10/2023).

1. Lulusan kampus Indonesia punya kapasitas

Ilustrasi pemuda memiliki kesiapan SDM (IDN Times/Arief Rahmat)

Anies menuturkan, sejak dulu lulusan dari kampus di Indonesia mempunyai kapabilitas yang baik. Mulai dari mereka yang sudah para senior hingga lulusan baru kampus memiliki ilmu dalam pendidikan yang dia dapat selama di perkuliahan.

Untuk itu, ke depannya harus ada pendataan bagi para lulusan dari kampus yang mengidentifikasi talenta terbaik dari mereka di bidangnya masing-masing.

"Kita harus lebih banyak menggunakan tenaga kerja Indonesia karena kita mampu, kita bisa, sangat bisa," paparnya.

2. Harus ada kebijakan dari pemerintah optimalkan pekerja lokal

Debbie Sutrisno/IDN Times

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini mengatakan, untuk membuat SDM lokal lebih banyak dipekerjaan di kawasan industri termasuk di tempat investasi, pemerintah wajib mengaturnya lewat kebijakan. Keilmuan yang dimiliki SDM Indonesia harus bisa dimaksimalkan sehigga mereka mendapatkan pekerjaan yang sesuai.

Metoda ilmiah yang ada juga wajib dipakai sehingga tujuan yang diharapkan bisa efisien dan efektif dengan memanfaatkan sumber daya yang ada.

"Dukungan dari mereka (ITB) akan selalu bermakna. Ini adalah bagian dari perjuangan kita untuk melakukan perubahan," kata dia.

Baca Juga: Ini Solusi Anies Baswedan Atasi Mahalnya Biaya Pendidikan

Berita Terkini Lainnya