Perahu hingga Cable Car Disiapkan untuk Layani Penumpang Whoosh di KBB

Kereta cepat akan layani penumpang di Stasiun Padalarang

Bandung Barat, IDN Times - Sejumlah moda transportasi sudah disiapkan untuk melayani penumpang Kereta Cepat Jakarta - Bandung (KCJB) atau Whoosh dari dan menuju Stasiun Hub Padalarang, Kabupaten Bandung Barat (KBB).

Selain kereta api feeder yang khusus melayani penumpang Whoosh dari Stasiun Hub Padalarang menuju Stasiun Bandung, ada juga moda transportasi lainnya yang nantinya bisa digunakan untuk mobilitas warga.

"Untuk angkutan eksistingnya sudah ada Trans Metro Pasundan, cuma itu Kota Baru Pahahyangan ke Alun-alun Bandung," kata Kepala Dinas Perhubungan KBB, Fauzan Azima saat dihubungi, Minggu (1/10/2023).

1. Disiapkan BRT hingga merestorasi bus lokal

Perahu hingga Cable Car Disiapkan untuk Layani Penumpang Whoosh di KBB(Bangkit Rizki/IDN Times)

Kemudian tahun depan rencananya akan mengaspal juga Bus Rapid Transit (BRT) Bandung Raya yang melayani penumpang sepur kilat Whoosh dari Stasiun Hub Padalarang menuju Kota Bandung.

"Ke depan mungkin ada rencana pembuatan akses langsung dari stasiun ke Kota Baru yang akan dilayani shutlle bus tapi masih dalam proses," ujar dia.

Untuk melayani masyarakat ke wilayah selatan seperti Cililin, Cihampelas, hingga Gununghalu, Dinas Perhubungan KBB bekerjasama dengan pihak ketiga juga sudah merestorasi bus lokal Madona menjadi lebih layak dan memiliki standar pelayanan.

"Kemudian direncanakan juga cable car, sekarang masih dibahas. Itu bisa untuk akses wisatawan dari Lembang yang akan menggunakan kereta cepat," ujar Fauzan.

2. Rencanakan moda transportasi air

Perahu hingga Cable Car Disiapkan untuk Layani Penumpang Whoosh di KBB(Bangkit Rizki/IDN Times)

Fauzan mengatakan, keberadaan Stasiun Hub Padalarang akan meningkatkan mobilitas masyarakat di Bandung Barat. Untuk itu, pihaknya juga berencana membuka transportasi perairan di Waduk Saguling, yang memiliki potensi wisata.

Untuk merealisasikan hal tersebut, pihaknya akan melakukan kajian terlebih dahulu. Namun yang pasti, kata Fauzan, sejumlah titik akan dipersiapkan untuk akses moda transportasi perairan tersebut. Seperti pembuatan dermaga di wilayah Padalarang hingga Cililin.

"Semua potensi kita coba dan kita rencanakan. Memang masih dikaji kita rencanakan ada angkutan perairan, mudah-mudahan tahun depan bisa direalisasikan," ucap Fauzan.

3. Akses pendukung lainnya dipersiapkan

Perahu hingga Cable Car Disiapkan untuk Layani Penumpang Whoosh di KBB(Bangkit Rizki/IDN Times)

Selain moda transportasi, pihaknya juga mempersiapkan akses lainnya untuk mendukung keberadaan KCJB di Stasiun Hub Padalarang. Di antaranya mendorong pembukaan akses masuk tol baru yaitu akses di Tol Cikamuning, Tagog Apu Padalarang dan Ruas Tol Purbaleunyi 106 di Kawasan Walini, Cikalongwetan.

"Kita juga mengusulkan untuk dibuka Tol Cikamuning yang selama ini hanya keluar itu diharapkan juga bisa dipakai akses masuk atau didorong di KM 106 Warung Domba atau Walini," kata Fauzan.

Baca Juga: Jokowi Jajal KCJB hingga Stasiun Hub Padalarang

Baca Juga: Punya Stasiun KCJB, Dishub KBB Usulkan Pintu Tol Baru

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya