Punya Stasiun KCJB, Dishub KBB Usulkan Pintu Tol Baru

Akses tol baru bisa kurangi beban kendaraan di Kawasan KCJB

Bandung Barat, IDN Times - Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Bandung Barat (KBB) mendorong pembukaan akses masuk tol baru untuk menunjang keberadaan Stasiun Hub Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB) Padalarang, KBB.

Kepala Dishub KBB Fauzan Azima mengatakan, ada dua akses tol yang diusulkan pemerintah untuk dibuka yaitu akses di Tol Cikamuning, Tagog Apu Padalarang, dan Ruas Tol Purbaleunyi 106 di Kawasan Walini, Cikalongwetan.

"Kita juga mengusulkan untuk dibuka Tol Cikamuning yang selama ini hanya keluar itu diharapkan juga bisa dipakai akses masuk atau didorong di KM 106 Warung Domba atau Walini," kata Fauzan saat dihubungi, Kamis (21/9/2023).

1. Pembukaan akses tol baru bisa mengurai kepadatan lalu lintas

Punya Stasiun KCJB, Dishub KBB Usulkan Pintu Tol Baru(Bangkit Rizki/IDN Times)


Sejauh ini, akses masuk jalan tol di Bandung Barat hanya bisa dilalui lewat Gerbang Tol Padalarang. Menurut Fauzan, jika ada pintu masuk tol baru seperti di Cikamuning atau Cikalongwetan, maka beban kendaraan yang masuk ke wilayah Padalarang akan terkurangi.

Sebab, keberadaan Stasiun Hub KCJB di Padalarang diprediksi nantinya akan menambah mobilitas kendaraan di wilayah Bandung Barat. Khususnya di wilayah Padalarang dan sekitarnya. Nantinya kendaraan yang akan mengarah ke Jakarta bisa masuk di kedua tol itu.

"Itu mohon bisa didorong untuk mengurangi beban kendaraan berat yang melewati depan Stasiun Padalarang sehingga yang arah ke Jakarta bisa didistribusikan di arah sana (Cikamuning atau Warung Domba)," ujar Fauzan.

Namun, kata dia, instansinya hanya sekadar mengusulkan. Untuk perizinan, eksekusi dan sebagainya menjadi kewenangan dari Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Bandung Barat.

2. Dishub KBB menetapkan kawasan tertib lalu lintas

Punya Stasiun KCJB, Dishub KBB Usulkan Pintu Tol Baru(Bangkit Rizki/IDN Times)


Fauzan mengatakan, selain mendorong pembukaan akses tol baru pemerintah juga sudah menetapkan sejumlah jalan menjadi kawasan tertib lalu lintas, yakin di Jalan Panaris sampai Jalan Gedong Lima yang berada di kawasan Stasiun Hub KCJB Padalarang.

"Ruas jalan yang sudah kami siapkan yang sudah ditetapkan menjadi kasasan tertib lalu lintas itu Jalan Panaris, Jalan Gedung Lima," ujar Fauzan.

3. Perbaikan dan penambahan infrastruktur

Punya Stasiun KCJB, Dishub KBB Usulkan Pintu Tol Baru(Bangkit Rizki/IDN Times)

Selain itu untuk menunjang keberadaan Stasiun Hub KCJB itu, perbaikan infrastruktur juga terus dilakukan. Seperti menyambungkan trotoar dari Jalan Panaris, Jalam Gedong Lima dan sekitatnya. Dishub KBB juga mengusulkan perbaikan akses di Jalan Cihaliwung atas.

"Yang direncanakan jalan lingkar Padalarang-Cipatat sedang berproses, jika sudah selsai sedikitnya akan memberikan kemudahan aksesibilitas di Kawasan Padalarang dalam rangka operasional KCJB," ujarnya.

Baca Juga: Jokowi Jajal KCJB hingga Stasiun Hub Padalarang

Baca Juga: Hampir Setahun, Pembangunan Stasiun Padalarang Berjalan Lancar

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya