TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Anggota Legislatif Ramai Gadai SK, Ketua Sementara DPRD Bandung: Itu Hal Lumrah 

SK ini laku keras kalau digadaikan ke perbankan

IDN Times/Khaerul Anwar

Bandung, IDN Times - Anggota legislatif di berbagai daerah ramai menggadaikan surat keterangan (SK) pengangkatan sebagai dewan perwakilan rakyat daerah (DPRD). SK tersebut digadaikan ke lembaga keuangan untuk berbagai kebutuhan anggota.

Ketua Sementara DPRD Bandung Agus Andi Setyawan mengatakan, menggadaikan SK memang sudah biasa dilakukan anggota legislatif, tak terkecuali di Kota Bandung. Menurutnya, setiap tahun pun ada anggota yang menggadaikan SK untuk keperluan tertentu walaupun jumlahnya belum bisa dipastikan.

"Tapi tiap tahun biasa ada tergantung keperluan masing-masing. Mungkin dari biaya kampanye besar kemarin atau hal yang harus diberasakan dengan gaji normatif bulanan ini memang solusinya (gadai SK)," kata Agus saat dihubungi, Rabu (11/9/2024).

1. Pinjaman bisa dipakai berbagai hal

Menurutnya, peminjaman uang ke bank atau tempat lainnya memang bisa dilakukan setiap orang termasuk anggota DPRD yang menggunakan SK pengangkatan untuk berbagai keperluan tidak hanya menutup uang yang dipakai kampanye beberapa waktu lalu.

Dia menyebut bahwa gaji anggota DPRD ini tidak besar sekelas kepala dinas golongan 2B. Uang tersebut jelas tidak akaan mencukupi untuk banyak keperluan termasuk dengan dana yang dikeluarkan ketika hendak maju dalam pemilihan legislatif (pileg).

"Jadi mungkin ada sebagian (uang didapat) juga untuk mencicil lah," kata dia.

2. Kinerja anggota DPRD jangan sampai terganggu

Namun, yang paling penting dari peminjaman ini adalah jangan sampai kinerja setiap anggota tersebut terganggu karena harus memikirkan uang pinjaman agar bisa segera terbayarkan. Sebab, pekerjaan utama dari anggota DPRD salah satunya adalah menyerap aspirasi rakyat termasuk membantu mereka dalam berbagai program yang diajukan.

"Kadang ada aspirasi atau proposal yang masuk ke dewan karena kita ini dianggap orang sempurna, padahal tidak juga. Tapi proposal yang datang ini kan pasti mereka minta bantuan," ujarnya.

Berita Terkini Lainnya