TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

20 Hotel di Jabar Siap Jadi Tempat Isolasi Mandiri Pasien COVID-19

PHRI belum berikan data lengkap mana saja hotelnya

Ilustrasi Ruang Isolasi Mandiri COVID-19. ANTARA FOTO/Zabur Karuru

Bandung, IDN Times - Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Jawa Barat tengah menginventarisir hotel mana saja yang siap dijadikan tempat isolasi mandiri sementara pasien COVID-19. Hal ini berkaitan dengan naiknya angka kasus masyarakat yang terpapar virus corona di provinsi ini.

Ketua PHRI Jawa Barat Herman Muchtar mengatakan, sampai dengan sekarang sudah 20 hotel yang mengajukan diri dan sedang diseleksi. Hotel-hotel ini tersebar di sejumlah daerah di Jabar, seperti Kota Bandung, Kabupaten Bandung, Kabupaten Bandung Barat, Bogor, Depok, dan Bekasi.

Nantinya, hotel yang lulus syarat administrasi akan mendapatkan sosialisasi terkait teknis isolasi mandiri pasien COVID-19. "Mereka mengajukan siapa yang mau. Sampai sekarang baru 20 hotel di Jabar yang mengajukan, kita masih nominasikan hotel-hotel yang tepat dan sesuai," kata Herman dihubungi, Senin (21/9/2020).

1. Hotel akan dibagi dalam dua tipe

traveloka

Menurut Herman, nantinya hotel akan dibagi menjadi dua tipe. Hotel bintang dua dan tiga akan jadi tempat isolasi mandiri pasien COVID-19, dan bintang empat jadi tempat isolasi dokter dan suster.

"Jumlah hotel di Jabar ada 2.500, kita masih tunggu hotel lain yang mau mengajukan. Kita baru nominasi, nanti oleh pemda akan dipanggil kemudian diseleksi persyaratannya," kata dia.

2. Gubernur Jabar pastikan hotel bersedia dijadikan tempat isolasi mandiri

Dok.Humas Jabar

Sementara itu, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil memastikan sejumlah hotel di berbagai daerah sudah bersedia memberikan fasilitas isolasi.

"Hotel-hotel sudah banyak yang bersedia di zona-zona yang kami anggap perlu dalam menindaklanjuti kebijakan terkait kepada suspect atau dulu namanya PDP untuk diisolasi khusus," katanya.

Berita Terkini Lainnya