TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Produk Fesyen Penyumbang Ekspor Ekraf Tertinggi di Jabar

UMKM produk Fesyen di Jabar didogorong go digital

IDN Times/Azzis Zulkhairil

Bandung, IDN Times - Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Jawa Barat (Jabar), Atalia Praratya Kamil menyatakan, bisnis atau usaha fesyen di Jabar menyumbang pendapatan ekspor terbanyak.

"Jabar menyumbang pendapatan 14,76 itu adalah dari fesyen jadi ekspor tertinggi di ekonomi kreatif (Ekraf) Jabar, nilainya sampai 1,613 USD ini sampai Eropa, dan negara lainnya," ujar Atalia dalam acara Virtual Media Briefing Tokopedia: Peluncuran Festival Fashion Lokal Jabar, Senin (15/10/2021).

1. Dekranasda Jabar dorong UMKM melek digital

IDN Times/Azzis Zulkhairil

Atalia mengatakan, berdasarkan data yang ia terima, jutaan penduduk di Indonesia kebanyakan senang menggunakan sosial media. Namun, masih belum banyak digunakan untuk memasarkan sebagai alat memasarkan produk fesyen yang diproduksi sendiri.

"Digitalisasi akan mempermudah promosi, global dan nasional, kami juga mendorong pengusahaan yang dapat pesanan dari luar negeri dan kita sudah akses informasi," ungkapnya.

2. Dekranasda Jabar dan Tokopedia sudah banyak melakukan aksi nyata bantu UMKM

IDN Times/Dekranasda Jabar

Selain itu, untuk membangkitkan produk-produk fesyen UMKM lokal Jabar, Atalia bilang, Dekranasda Jabar bekerja sama dengan Tokoedia untuk membantu UMKM dapat menjangkau pasar yang luas melalui digitalisasi.

"Berbagai cara mulai buat video edukasi online, dan kami juga ada kerabat store agar binaan kami diberikan peluang, dan bulan ini 81 UMKM Jabar juga akan bekerja sama," jelasnya.

Baca Juga: Peringati Hari UMKM Nasional, BRI Gelar Gerakan BRILiaN Sahabat UMKM 

Baca Juga: Support UMKM Kuliner, Wahyoo Group Gelar Hari UMKM Makanan Nasional

Berita Terkini Lainnya