TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Kasus COVID-19 Kadung Naik, Pemkot Bandung Telat Tutup Objek Wisata? 

Saat ini angka positif corona di Kota Bandung keburu naik

Pengunjung Kebun Binatang Bandung membludak (Istimewa)

Bandung, IDN Times - Peningkatan kasus COVID-19 di Kota Bandung setelah massa libur lebaran 2021 sudah mulai terlihat. Guna meminimalisir kasus susulan, Pemerintah Kota Bandung menutup sementara enam objek wisata pada 23 Mei hingga 1 Juni 2021.

Ahyani Raksanaga, Kepala Dinas Kesehatan Kota Bandung mengatakan, usai libur lebaran 2021 peningkatan kasus di Kota Bandung mencapai 101 orang. Hal ini sebagian besar terjadi karena adanya pergerakan masyarakat di tempat pariwisata dan lingkungan rumah.

"Kita dapat angka positif satu hari kemarin 101 orang, artinya ada kenaikan. Sebelumnya kita pernah angka positif rate di angka 40 dalam sehari," ujar Ahyani beberapa waktu kemarin.

1. Dinkes Kota Bandung menyatakan ada 101 kasus positif corona terjadi hanya dalam satu hari

IDN Times/Azzis Zulkhairil

Naiknya angka positif corona di Kota Bandung menjadi lonceng untuk masyarakat memperketat protokol kesehatan. Selain itu, pelacakan kontak erat juga akan dilakukan secara maksimal oleh Pemkot Bandung.

"Kita tidak ada klaster, karena kalau klaster kan satu titik. Sementara ini kan menyebar, tapi ya dimana pun artinya seluruh aktivitas harus disiplin prokes," kata dia.

2. Pemkot Bandung menyadari ada kenaikan kasus corona usai libur lebaran

Ilustrasi tes cepat antigen Kebun Binatang Bandung (ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi)

Sedangkan, Dadang Iriana, Sekretaris Satgas Penanganan COVID-19 Kota Bandung mengatakan, Pemkot Bandung sudah merasakan dampak corona usai libur lebaran 2021. Kasus terlihat sudah naik dibanding dengan sebelum libur lebaran.

"Kan menyadari bahwa sekarang ada peningkatan yang positif itu per harinya sudah mulai naik lagi," ujar Dadang saat dikonfirmasi, Sabtu (22/5/2021).

3. Enam wisata ditutup karena jadi pusat kerumunan

IDN Times/Galih Persiana

Kemudian, Dadang menjelaskan bahwa aturan sudah berdasarkan arahan dari pemerintah pusat. Selain itu, koordinasi dengan anggota Satgas COVID-19 di Kota Bandung juga sudah dilakukan guna memantau penutupan sementara enam tempat wisata.

"Itu ada enam lokasi jadi hanya meminta untuk segera ditutup karena terjadi kerumunan, itu juga berlakunya tidak permanen gitu. Jadi ditutup sementara," katanya.

Adapun enam objek wisata ini yaitu: Kebun Binatang Bandung, Karang Sentra Water Land, Saung Angklung Udjo, Taman Lalau Lintas, Trans Studio Bandung, Kiara Artha Park. 

Baca Juga: Usai Libur Lebaran, Pemkot Bandung Gencarkan Pelacakan Kontak Erat

Baca Juga: Tinggal 2 Bulan, Pemkot Bandung Belum Gelar Simulasi PTM Terbatas

Berita Terkini Lainnya