Jabatan Segera Habis, Ini Pesan Ridwan Kamil untuk Pj Gubernur

Ridwan Kamil berharap Pj Gubernur tidak buat program baru

Bandung, IDN Times - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil alias Emil mewanti-wanti agar Penjabat (Pj) nanti tidak banyak mengubah program kerja yang sudah ada. Adapun jabatan Emil akan habis pada 5 September 2023.

Menurut Emil, Pj Gubernur Jabar terpilih nantinya tinggal melanjutkan beberapa program kerja yang sudah ada. Mengingat, beberapa program kerja yang dijalankan selama dirinya menjabat, diklaim telah banyak menghasilkan prestasi.

"Insya Allah duduk manis tidur nyenyak kayaknya mah, tinggal melanjutkan apa yang sudah kami reformasi, sebuah dimensi sudah disentuh," ujar Emil, dikutip Rabu (2/8/2023).

1. Pj Gubernur diharapkan jaga prestasi Pemprov Jabar saat ini

Jabatan Segera Habis, Ini Pesan Ridwan Kamil untuk Pj GubernurGubernur Jabar Ridwan Kamil dalam Forum Investasi Jabar Semester 1 2023 di Trans Hotel Bandung (dok. jabarprov.go.id)

Emil mengatakan, program yang sudah dibuat oleh dirinya bersama Wakil Gubernur Uu Ruzhanul Ulum harus dilanjutkan dan dimaksimalkan oleh Pj Gubernur nantinya. Jangan sampai, program kerja yang sudah menghasilkan banyak penghargaan justru diganti dengan program baru

"Tidak perlu ada konsep baru yang bagaimana, jadi Pj ini yang penting menjaga aja prestasi ini. Ibarat kayak persib kalau sudah juara mempertahankan saja," katanya.

2. Kinerja kepala dinas dipastikannya tidak akan menurun

Jabatan Segera Habis, Ini Pesan Ridwan Kamil untuk Pj GubernurRidwan Kamil. (ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi)

Lebih lanjut, Emil menegaskan, Pj Gubernur Jabar terpilih nantinya juga bisa bekerja maksimal, karena kepala dinas dan beberapa pejabat di Pemprov Jabar sudah dipilih berdasarkan kemampuan masing-masing. Sehingga, dia berpesan agar tidak ada konsep-konsep baru yang diusulkan dan dikhawatirkan dapat mengubah kinerja yang sudah ada.

"Jangan ada konsep baru supaya hasil lima tahun ini terjaga. Pejabat (kepala dinas) Pemprov Jabar standar kerja tetap sama seperti kami menjabat, jadi tidak akan ada penurunan," kata dia.

3. Jabatan Ridwan Kamil berakhir 5 September 2023

Jabatan Segera Habis, Ini Pesan Ridwan Kamil untuk Pj GubernurRapat paripurna penetapan akhir masa jabatan Gubernur Jabar Ridwan Kamil (IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Diberitakan sebelumnya, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jawa Barat telah menyetujui jabatan Gubernur Jabar, Ridwan Kamil akan berakhir pada 5 September 2023. Nantinya, jabatan ini akan diisi oleh Pj Gubernur yang ditentukan oleh Presiden Joko "Jokowi" Widodo.

"Jadi kami diminta untuk mengumumkan ke masyarakat bahwa satu bulan ke depan masa jabatan Pak Gubernur Jabar 2018-2023 ini berakhir. Hari ini kami laksanakan dan tentu harus ditindak-lanjuti," ujar Ineu usai rapat paripurna, Selasa (1/8/2023).

Baca Juga: Rencana Ridwan Kamil Setelah Berakhir Jadi Gubernur Jabar

Baca Juga: Survei: Masyarakat Jabar Puas Kinerja Ridwan Kamil, Sandiaga Moncer

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya