Rencana Ridwan Kamil Setelah Berakhir Jadi Gubernur Jabar

Ridwan Kamil bakal pamit keluar negeri terlebih dahulu

Bandung, IDN Times - Jabatan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil alias Emil resmi ditetapkan berakhir pada 5 September 2023. Usai berakhir masa jabatan itu, Emil pamit pada warga Jawa Barat untuk liburan ke luar negeri bersama keluarga.

Emil mengatakan, ia tidak akan langsung aktif berpolitik kembali. Dia akan mengambil waktu beberapa hari untuk berlibur bersama keluarga setelah mengemban jabatan selama sepuluh tahun, mulai dari Wali Kota Bandung hingga terakhir Gubernur Jawa Barat.

"Saya mau pamit keliling dunia dulu, sepuluh tahun tidak (istirahat) keluar negeri yang sifatnya pribadi dengan keluarga," ujar Emil usai rapat paripurna bersama DPRD Jabar, Selasa (1/8/2023).

1. Ridwan Kamil pergi ke luar negeri bersama keluarga

Rencana Ridwan Kamil Setelah Berakhir Jadi Gubernur JabarGubernur Jabar Ridwan Kamil (IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Emil sendiri belum mengungkapkan secara rinci negara mana yang akan ia kunjungi. Namun, dia memastikan akan istirahat dengan cara berlibur terlebih dahulu bersama keluarga sebelum nantinya aktif kembali dalam panggung politik.

"Duka bade ka mana (belum tahu mau ke mana) tapi intinya mau jalan-jalan dulu, refreshing, istirahat," katanya.

2. Ridwan Kamil punya dua pilihan untuk berpolitik

Rencana Ridwan Kamil Setelah Berakhir Jadi Gubernur JabarGubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi)

Sebelumny,la, kader Partai Golkar ini belum menyatakan secara jelas apakah dirinya akan kembali maju di Pilgub Jabar periode kedua atau maju bertarung di Pilgub DKI Jakarta. Namun, ibundanya sudah memberikan restu dan doa agar maju ke Pilgub DKI Jakarta.

Menurut Emil, dua pilihan itu merupakan yang paling rasional untuk saat ini. Hanya saja, dalam berpolitik semua kemungkinan bisa saja terjadi, sehingga dia belum mau menyatakan secara gamblang pilihannya.

"Poinnya adalah mana yang terbaik kalau memang harus di tempat baru ya pilihan DKI itu jadi sebuah nasehat, bukan berarti tidak ya karena per hari ini masih di Jabar. Tapi kalau bukan di Jabar yang paling rasional adalah DKI," ujar Emil, Senin (31/7/2023).

3. Ridwan Kamil akan putuskan pilihannya pada Februari 2024

Rencana Ridwan Kamil Setelah Berakhir Jadi Gubernur JabarGubernur Jabar Ridwan Kamil (IDN Times-Azzis Zulkhairil)

lebih lanjut, Emil mengungkapkan, pilihan politiknya di Pemilu 2024 baru akan ditentukan pada awal tahun tepatnya pada bulan Februari 2024. Apalagi, sebelum Pilgub Jabar dan DKI Jakarta, ada pemilu legislatif dan Pilpres terlebih dahulu.

"Kalau nanya Pilkada itu terlalu awal nanti saja di Februari, karena presentase si partainya itu kan belum tahu apa bisa sendiri atau koalisi. Makanya masih panjang ya," katanya.

Baca Juga: Ridwan Kamil: Nama Pj Wali Kota Bandung Sudah Diusulkan ke Kemendagri

Baca Juga: Pemindahan Pusat Pemerintahan Jabar Terhalang Masa Jabatan Gubernur

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya