TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Gagal Jadi Venue Piala Menpora 2021, Dewan Soroti Kinerja Dispora! 

PT LIB lebih pilih Si Jalak Harupat dibandingkan GBLA

Dok.IDN Times/Istimewa

Bandung, IDN Times - Dewan Perwakilan Rakyat (DPRD) Kota Bandung menyoroti kinerja Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Bandung setelah Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) tidak terpilih menjadi venue Piala Menpora 2021.

Anggota Komisi C DPRD Kota Bandung, Folmer SM Silalahi mengatakan, PT LIB memilih Stadion Si Jalak Harupat dibandingkan dengan GBLA tentunya bukan tanpa alasan. Menurutnya, faktor paling kuat yaitu soal fasilitas.

"Sangat disayangkan yah, dengan anggaran dibangun Rp600 miliar lebih tidak terpakai. Nganggur," ujar Folmer saat dihubungi IDN Times, Selasa (9/3/2021).

1. Perawatan harus dilakukan secara maksimal

IDN Times/Istimewa

Stadion GBLA saat ini sudah dikelola oleh Pemkot Bandung dalam hal ini Dinas Pemuda dan Olahraga, Folmer menuturkan, seharusnya setelah resmi dikelola perawatan lebih dimaksimalkan kembali.

"Persoalan terkait permasalahan pengelolaan ini sudah selesai. Pemerintah Kota Bandung harusnya bisa memanfaatkannya kembali lagi," ungkapnya.

2. Dispora harusnya jangan biarkan GBLA menganggur begitu saja

Foto udara Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) di Gedebage, Bandung, Jawa Barat, Kamis (2/7/2020) (ANTARA Foto/Raisan Al Farisi)

Bangunan yang megah sekian lama tahun tidak dirawat secara maksimal. Folmer menilai, hal ini banyak yang perlu direvitalisasi kembali dan perlu dipikirkan oleh Dispora Kota Bandung.

"Ini sebenarnya pemanfaatan yang ideal untuk dunia olahraga Kota Bandung seperti apa, kalau kita masih gunakan anggaran APBD dan pemeliharaan di situasi pandemik ini dipikirkan," tuturnya.

3. Pengelolaan pihak ketiga patut diperhitungkan

Foto udara Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) di Gedebage, Bandung, Jawa Barat, Kamis (2/7/2020) (ANTARA Foto/Raisan Al Farisi)

Persoalan pemeliharaan tidak melulu melalui keterbatasan anggaran. Folmer bilang, bisa saja menggunakan skema kerja sama dengan pihak ketiga, sehingga mendapatkan kucuran dana dari investor sehingga pengelolaan bisa maksimal.

"Mereka juga punya program jauh lebih inovatif dibandingkan pemerintahan Kota Bandung jadi ini bisa kembali dilakukan melengkapi fasilitas stadion kelas Internasional," katanya.

"Harus inovasi jangan hanya dibiarkan seperti tidak punya ruh untuk orang melakukan kegiatan olahraga," tambahnya.

Baca Juga: [BREAKING] Hasil Undian Piala Menpora 2021: Neraka Ada di Grup B

Baca Juga: Target Persib di Piala Menpora, Robert: Turnamen Ini Tak Penting

Berita Terkini Lainnya