Daya Tarik Alami Saja Tidak Cukup, Wisatawan Butuh Pengalaman Berkesan

Sektor pariwisata didorong kembangkan experience economy

Purwakarta, IDN Times - Perubahan cara konsumsi masyarakat memengaruhi tujuan mereka untuk berwisata ke suatu daerah. Sektor pariwisata saat ini dinilai tidak bisa bergantung kepada kebutuhan produk dan jasa saja.

“Turis membutuhkan pengalaman berbeda ketika sedang berada di suatu objek wisata,” kata Wiwien T Wiyonoputri, peneliti di bidang community-based tourism dan heritage interpretation trainer, Jumat (20/1/2023).

Wisatawan saat ini cenderung mencari pengalaman yang berbeda saat berkunjung ke suatu daerah yang baru. Kesan tersebut diyakini akan membuat mereka terkenang bahkan ingin kembali berwisata ke sana pada masa mendatang.

1. Sektor pariwisata tidak hanya andalkan daya tarik alami

Daya Tarik Alami Saja Tidak Cukup, Wisatawan Butuh Pengalaman BerkesanDok LMDH Giri Pusaka

Menurut Wiwien, terjadi pergeseran cara konsumsi di tengah masyarakat saat ini. “Para pelaku wisata dan pemerintah perlu memikirkan metode alternatif dalam mengembangkan pariwisata tidak hanya sebatas mengandalkan daya tarik alamiah,” katanya.

Gagasan tersebut juga disampaikannya dalam acara workshop bertema “Interpretasi dan Wisata Sejarah Kawasan Pusat Kota” di Kabupaten Purwakarta, akhir 2022 lalu. Kegiatan tersebut merupakan kerja sama tim dari Fakultas Industri Kreatif Telkom University dan Dinas Pemuda Olahraga Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Purwakarta.

2. Konsumsi berbasis pengalaman terjadi di sektor pariwisata

Daya Tarik Alami Saja Tidak Cukup, Wisatawan Butuh Pengalaman BerkesanInstagram.com/arung_jeram_bogor

Kegiatan kali ini diakui bertujuan untuk memberikan edukasi mengenai pengembangan pariwisata melalui teknik interpretasi dan storytelling. Wiwien juga menjelaskan perubahan yang terjadi saat ini adalah cara masyarakat mengonsumsi dari sesuatu yang berbasis produk dan jasa menjadi ke arah konsumsi berbasis pengalaman (experience economy).

“Sektor pariwisata sangat memungkinkan untuk mengembangkan experience economy karena ketika sedang berada di suatu objek wisata para turis bisa melakukan berbagai kegiatan dan aktivitas yang membuatnya dapat memiliki pengalaman berbeda,” kata Wiwien.

3. Wisatawan mendapatkan cerita unik dari warga lokal

Daya Tarik Alami Saja Tidak Cukup, Wisatawan Butuh Pengalaman Berkesan(ANTARA FOTO/Muhammad Bagus Khoirunas)

Pelayanan yang bisa disajikan di tempat pariwisata itu seperti menginap di rumah warga lokal dan berinteraksi dengan mereka. Wisatawan juga bisa mengenal cerita keunikan dari warga lokal mengenai situs bersejarah atau perjalanan tur mengelilingi tempat wisata.

Wiwien mengatakan, pengembangan pariwisata melalui pendekatan experience economy dapat mengubah pemahaman pengunjung ketika berada di suatu objek wisata. “Pariwisata seharusnya tak hanya menyajikan daya tarik produk dan jasa tapi juga sangat penting untuk mengembangkan narasi dan pengalaman unik dari suatu objek wisata,” ujarnya.

4. Pengelola pariwisata kembangkan cerita secara interpretasi

Daya Tarik Alami Saja Tidak Cukup, Wisatawan Butuh Pengalaman Berkesanpixabay/pixel2013

Kabupaten Purwakarta dinilai memiliki berbagai potensi pariwisata seperti bidang edukasi sejarah, budaya, dan religi. Pemerintah bersama komunitas budaya di Kabupaten Purwakarta disarankan membuat storytelling yang menarik terkait objek-objek wisata.

Selain itu, pihak terkait dapat pula mengembangkan cerita-cerita berbasis pengalaman sehingga para turis dapat memiliki makna yang transformatif. Wiwien menyebutkan salah satu metode untuk membangun pengalaman adalah melalui pendekatan interpretasi untuk menciptakan makna antara tamu dan pelaku wisata.

“Melalui metode interpretasi, para tamu atau pengunjung wisata akan mendapatkan makna dan pengalaman dari cerita-cerita menarik tidak hanya sekedar fakta-fakta unik dan menarik dari objek wisata tersebut,” kata Wiwien.

Baca Juga: Kerajinan Terrarium Mulai Banyak Pengagum di Purwakarta

Baca Juga: Jadi Nama Jalan di Purwakarta, Siapa Syeikh Baing Yusuf?

Baca Juga: Jumlah CCTV di Purwakarta Ditambah untuk Cegah Kriminalitas

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya