Comscore Tracker

Awas Macet! Pemeliharaan Jalan Tol Japek Dimulai Akhir Pekan Ini

Pekerjaan konstruksi dilakukan di tiga lokasi berbeda

Karawang, IDN Times - Pengguna Jalan Tol Jakarta-Cikampek akan mendapatkan hambatan dalam perjalanannya. Pasalnya, pihak pengelola tengah melakukan pekerjaan konstruksi pemeliharaan jalan pada libur panjang akhir pekan ini.

Hal itu diumumkan PT Jasamarga Transjawa Tol (JTT) selaku pengelola bersama PT Jasamarga Tollroad Maintenance (JMTM) selaku service provider pemeliharaan jalan tol tersebut. Mereka meminta para pengguna jalan berhati-hati saat melewati lokasi pekerjaan.

Terkait hal itu, Operation and Maintenance Senior Manager Representative Office 1 PT JTT Nouval M. Rizky memastikan tidak ada penutupan jalan selama perbaikan tersebut. “Ruas Jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Jakarta maupun arah Cikampek masih beroperasi secara normal,” katanya, Sabtu (30/7/2022).

Namun, dari pantauan di lokasi, dilaporkan bahwa penumpukan kendaraan sempat terjadi di Ruas Tol Japek wilayah Kabupaten Karawang. Kemacetan pada Sabtu pagi tadi diduga terjadi akibat pekerjaan konstruksi.

1. Pekerjaan konstruksi dilakukan di tiga lokasi berbeda

Awas Macet! Pemeliharaan Jalan Tol Japek Dimulai Akhir Pekan Inidok Jasamarga

Dalam keterangan pers sehari sebelumnya itu, Nouval menyebutkan pekerjaan konstruksi dilakukan di tiga lokasi di ruas Jalan Tol Japek. Lokasi pekerjaan rekonstruksi rigid pavement tersebut adalah On Ramp Karawang Barat arah Cikampek lajur 2.

Pekerjaan di lokasi pertama direncanakan dengan panjang penanganan 68 meter. Adapun, pelaksanaannya telah dimulai pada Jumat (29/07/2022) pukul 22.00 WIB lalu hingga Minggu (31/07/2022) pukul 24.00 WIB malam esok.

2. Perawatan bertujuan meningkatkan keamanan dan kenyamanan

Awas Macet! Pemeliharaan Jalan Tol Japek Dimulai Akhir Pekan IniIlustrasi. IDN Times/Gregorius Aryodamar P

Untuk lokasi yang kedua dan ketiga ialah di kilometer 11+341 sampai KM 11+250 (91 meter) arah Jakarta lajur 1 dan Km 25+680 sampai KM 26+575 (257 meter) arah Cikampek bahu luar dan lajur 1. Pekerjaan di sana sudah dimulai sejak Jumat malam kemarin dan hari ini.

Nouval menargetkan pekerjaan di KM 11 bisa selesai pada Minggu malam. Sedangkan, pekerjaan di KM 25-26 ditargetkan selesai pada Jumat (5/8/2022) pekan depan. “Pekerjaan ini dilakukan untuk meningkatkan keamanan dan kenyamanan pengguna Jalan Tol Jakarta-Cikampek serta upaya JTT untuk meningkatkan standar pelayanan maksimal (SPM),” ujarnya.

3. Jasamarga siapkan mitigasi risiko dampak pekerjaan

Awas Macet! Pemeliharaan Jalan Tol Japek Dimulai Akhir Pekan IniIlustrasi contra flow lalu lintas (IDN Times/Sunariyah)

Bersamaan dengan proyek tersebut, pihak PT JTT telah menyiapkan mitigasi risiko. Di antaranya, pengalihan arus lalu lintas yang terdampak sebelum area kerja, mempersempit area kerja hingga persiapan contra flow apabila kondisi lalu lintas kendaraan padat.

“Untuk memastikan informasi ini diterima dengan baik oleh pengguna jalan, PT Jasamarga Transjawa Tol juga telah melakukan sosialisasi rencana pekerjaan dengan memasang media luar ruang berupa spanduk imbauan pekerjaan dan Variable Message Sign (VMS) di Ruas Jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Jakarta dan Cikampek,” tutur Nouval.

4. Pengguna jalan tol diminta mempersiapkan perjalanannya

Awas Macet! Pemeliharaan Jalan Tol Japek Dimulai Akhir Pekan Inipexels.com/mentatdgt

PT Jasamarga Transjawa Tol menyatakan permohonan maaf atas ketidaknyamanan yang ditimbulkan akibat adanya pekerjaan dimaksud. Lebih lanjut, mereka juga mengimbau kepada seluruh pengguna jalan agar mempersiapkan sejumlah hal sebelum melakukan perjalanan.

“Pastikan kendaraan dalam keadaan prima, saldo uang elektronik cukup dan mengisi bahan bakar sebelum memulai perjalanan,” kata Nouval. Terakhir, ia juga meminta para pengguna jalan untuk selalu mematuhi protokol kesehatan dan persyaratan perjalanan serta berhati-hati dan menaati rambu-rambu, terutama di sekitar lokasi pekerjaan.

Baca Juga: H+1 Lebaran, Contraflow Arus Mudik di Tol Japek Diterapkan 2 Ruas

Baca Juga: Jasa Marga Cetak Laba Bersih Rp392,8 Miliar Selama Kuartal-I 2022

Baca Juga: Geger, Truk Angkut Pesawat di Jalan Raya Parung Bogor Bikin Macet

Topic:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya