Permintaannya Tinggi, Relawan Sebar Al-Qur’an hingga Pelosok Indonesia

Penyebaran Qur’an ini pernah digelar di Bandung

Bandung, IDN Times - Sebagai negara dengan populasi muslim dan muslimah terbesar di dunia, jumlah kitab suci Al-Qur’an yang beredar di Indonesia mesti terus ditambah. Di sisi lain, tidak sedikit pihak yang sepakat jika di Indonesia pun perlu lebih banyak lagi pelatihan membaca kitab suci, utamanya bagi muslim yang tinggal di daerah pelosok.

Maka itu, jangan heran jika Wakil Kementerian Agama RI, Zainut Tauhid Sa’adi, mengatakan jika kebutuhan Al-Qur’an di Indonesia mencapai 6 juta eksemplar saban tahunnya.

Dengan adanya fenomena ini, pemerintah tak bisa berjalan sendiri dalam memenuhi demand terhadap kitab suci Al-Qur’an. Perlu peran lembaga lain untuk memenuhi permintaan tersebut.

1. Ada Wakaf Qur’an yang menyasar pelosok Indonesia

Permintaannya Tinggi, Relawan Sebar Al-Qur’an hingga Pelosok IndonesiaWakaf Al-Qur'an (IDN Times, Istimewa)

Atas dasar itu, Muslimah Fillah Indonesia menggelar kegiatan penyaluran Al-Qur’an dengan nama program Wakaf Qur’an. Kegiatan ini mendapat dorongan penuh dari Relawan Siap, Yayasan Sinergi Aksi Peduli, dan Siap Peduli.

Dalam siaran pers yang diterima IDN Times, perwakilan Sinergi Aksi Peduli Abdul Rozzak, mengatakan jika gerakan ini memasang target untuk dapat menyalurkan Al-Qur’an hingga pelosok.

“Sinergi Aksi Peduli akan selalu membantu untuk pengadaan wakaf quran khususnya kolaborasi penuh dengan Muslimah Fillah Indonesia agar dapat disalurkan hingga pelosok. Ke depannya bukan hanya penyaluran Qur’an, namun akan ada pelatihan Qur’an dari Relawan Siap untuk melayani dan peduli kepada umat muslim” kata Abdul Rozzak Junaidi, Senin (10/1/2021).

2. Jangan sampai ada muslim kesulitan membaca kitab suci

Permintaannya Tinggi, Relawan Sebar Al-Qur’an hingga Pelosok Indonesiadokumen pribadi

Di sisi lain, Abdul juga menjelaskan jika Qur’an merupakan pedoman utama bagi umat muslim. Maka itu, ia menyayangkan jika ada muslim yang masih kesulitan membaca kitab sucinya.

“Terlebih lagi kita tidak peka jika ada sahabat kita di luar sana ingin belajar Qur’an, namun karena keterbatasan kemampuan material untuk mempunyai quran akhirnya sulit untuk belajar Qur’an,” tuturnya.

3. Ingin menyebar Al-Qur’an hingga Papua

Permintaannya Tinggi, Relawan Sebar Al-Qur’an hingga Pelosok IndonesiaPexels dari Pixabay" target="_blank">Pixabay

Wakaf Quran yang merupakan program Sinergi Wakaf Quran dari Sinergi Aksi Peduli yang telah menyalurkan Qur’an di Bandung dan Sulawesi. Ke depannya, mereka memastikan diri kembali menggelar Wakaf Quran di beberapa daerah pelosok lainnya seperti di Aceh, Padang, Solo, Demak, Gorontalo, Merauke, hingga Papua.

“Sinergi Wakaf Quran ini sangat terbuka untuk berkolaborasi dengan pihak mana pun. Pada awal tahun 2022 alhamdulillah lebih dari 30 pihak dapat berkolaborasi dengan kami lewat program Sinergi Wakaf Quran,” tuturnya.

Baca Juga: 5 Fakta Sains tentang Dasar Lautan yang Disebutkan dalam Al-Qur'an 

Baca Juga: 5 Doa Meminta Keturunan dalam Al-Qur'an, Pasutri Anyar Bisa Lakukan!

Baca Juga: Ciptakan Millennial Tangguh, Wakaf Salman Cari Kader Pengelola Wakaf Masa Depan

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya