Comscore Tracker

Mengingat Kembali Pesan BJ Habibie untuk Generasi Milenial

Tidak rasis, adalah salah satu pemimpin dambaan Indonesia.

Bandung, IDN Times - Masyarakat kelompok usia milenial, atau sering disebut dengan istilah kids zaman now, sempat membuat bingung B.J. Habibie. Saat dijelaskan oleh Najwa Shihab arti dari kids zaman now dalam acara “Eyang Habibie Menjawab”—buah kerja sama dengan IDN Times, Habibie kaget dan tertawa mendengar artinya.

Peristiwa itu terjadi pada 23 Desember 2017. Meski tidak merasakan masa kepemimpinan beliau sebagai presiden, nyatanya banyak 'anak zaman sekarang' yang juga ingin mendapatkan nasihat dari Eyang dan bertanya seputar hal-hal yang mereka ingin ketahui dari seorang Habibie. Mantan presiden ke-3 RI ini memiliki beberapa pesan khusus untuk generasi milenial penerus bangsa.

1. Memilih pemimpin yang tidak membeda-bedakan SARA

Mengingat Kembali Pesan BJ Habibie untuk Generasi MilenialIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Tidak ingin para pemilih pemula salah ambil langkah saat pertama kali mengikuti pesta demokrasi, Eyang Habibie memberikan nasihat: “Pilihlah tokoh-tokoh yang tidak hanya bicara tapi memberikan jejak-jejak yang nyata,” kata Eyang.

Jejak nyata yang dimaksud oleh Eyang Habibie ialah kebijakan-kebijakan yang pernah dibuat para kandidat hendaknya memang menguntungkan masyarakat dan tidak mengandung isu SARA di dalamnya, serta setia pada UUD 1945. "Tidak membedakan antara suku, agama dan ras," tegas Eyang.

“Lihatlah mereka yang lebih bisa diperhitungkan. Lebih predictable,” kata Habibie. Menurutnya orang-orang yang lebih bisa diperhitungkan harus lebih dilihat dan diperhatikan oleh pemilih pemula dibanding mereka yang tidak bisa diperhitungkan.

2. Menjadi pribadi yang unggul dalam bidangnya

Mengingat Kembali Pesan BJ Habibie untuk Generasi Milenialinstagram.com/habibiecenter

Tidak hanya soal politik atau perkara pemilih pemula, Eyang Habibie juga mengutarakan pesannya untuk millennials yang dapat diterapkan dalam semua aspek kehidupan mereka. “Harus berusaha menjadi unggul dalam bidangnya masing-masing,” kata Eyang.

Bagi Habibie sangat penting untuk kids zaman now tahu apa hal yang menjadi kegemarannya. Tidak hanya cukup sampai tahu apa kegemarannya, namun juga harus menjadi unggul dalam hal yang memang disukainya. Mempelajari hal yang disukai untuk mengerti.

Tidak masalah jika memang ada bidang-bidang yang kurang kamu minati. Namun setiap orang, bagi Habibie, harus memiliki keunggulan terhadap satu bidang.

3. Bisa bekerja sama dalam satu tim

Mengingat Kembali Pesan BJ Habibie untuk Generasi MilenialPerpusnas.go.id

Tidak cukup hanya menjadi pribadi yang unggul, Habibie juga berharap generasi muda memperluas jaringan teman, hidup berkelompok, bekerja sama dengan baik dan menciptakan tim yang unggul pula.

“Setelah unggul dalam bidangnya masing-masing jadi tim yang unggul,” pesan Eyang. Menurut Habibie, team work menjadi salah satu hal penting yang harus dikuasai oleh anak muda. Dapat bekerja sama dengan baik dalam menjalankan tugas di satu tim adalah hal yang diperlukan oleh para generasi penerus bangsa ini.

“Dalam tim itu (kalian) memperjuangkan kepentingan bersama,” kata Habibie.

4. Selalu terbuka dan transparan

Mengingat Kembali Pesan BJ Habibie untuk Generasi Milenialinstagram.com/habibiecenter

Setelah memiliki kelompok yang juga unggul, tim yang juga unggul, hal selanjutnya yang perlu diterapkan dan diperhatikan menjadi sosok yang terbuka dan transparan terhadap segala sesuatu. Banyak kelompok terpecah hanya karena tidak ada transparansi antara anggota kelompoknya.

“Jadi unggul dalam bidangnya masing-masing, team work yang baik, dan transparasi, serta berbudaya” kata eyang Habibie menyimpulkan syarat yang harus dimiliki anak zaman sekarang.

Sebelumnya, Presiden ke-3 RI BJ Habibie dikabarkan meninggal dunia di RSPAD Gatot Soebroto, Rabu (11/9) sore. Informasi itu disampaikan keponakan BJ Habibie, Melanie Soebono melalui akun Instagram pribadinya.

"Eyang sampai jumpa di keabadian. Senangnya udah bisa ngelepas kangen sama Eyang Putri," kata keponakan BJ Habibie, Melanie Soebono, di akun Instagram pribadinya, Rabu (11/9).

Topic:

  • Galih Persiana

Just For You