Rekayasa Lalu Lintas Ganjil Genap di Jalan Tol Dimulai

Rekayasa dilakukan hingga akses tol Semarang

Bandung, IDN Times - Hari ini rekayasa ganjil genap kendaraan tengah diujicobakan di tol, mulai dari Jakarta-Cikampek Km 47 (Karawang Barat) sampai dengan Gerbang Tol Cikampek Utama Km 70.

Rekayasa lalu lintas di jalan tol yang merupakan diskresi Kepolisian ini dilakukan sebagai bentuk kolaborasi bersama Korlantas Polri, Ditjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan, Badan Pengatur Jalan Tol Kementerian PUPR demi keamanan dan kelancaran masyarakat yang akan melaksanakan mudik.

Corporate Communication and Community Development Group Head Jasa Marga Dwimawan Heru menjelaskan jadwal dan lokasi pelaksanaan yang telah ditentukan oleh Kepolisian, yang dimulai di Jalan Tol Jakarta-Cikampek KM 47 (Karawang Barat), dengan detail sebagai berikut:

Senin, 25 April 2022

Pukul 11.00-13.00 WIB
Dimulai dari Jalan Tol Jakarta-Cikampek KM 47 (Karawang Barat) s.d GT Cikampek Utama Jalan Tol Jakarta-Cikampek KM 70

Selasa, 26 April 2022

Pukul 11.00-13.00 WIB
Dimulai dari Jalan Tol Jakarta-Cikampek KM 47 (Karawang Barat) s.d GT Palimanan Utama Jalan Tol Cipali KM 188

Rabu, 27 April 2022

Pukul 10.00-17.00 WIB
Dimulai dari Jalan Tol Jakarta-Cikampek KM 47 (Karawang Barat) s.d GT Kalikangkung Jalan Tol Batang-Semarang KM 414

1. Berlakukan contra flow dan one way jika terjadi kepadatan

Rekayasa Lalu Lintas Ganjil Genap di Jalan Tol DimulaiIDN Times/Istimewa

Sesuai dengan yang disampaikan oleh Polri, Heru menambahkan, apabila terjadi kepadatan, maka akan dilakukan diskresi kepolisian dengan rekayasa lalu lintas contra flow atau satu arah berlawanan.

“Selain itu, jika kepadatan melebihi batas maksimal, maka akan dilakukan diskresi kepolisian dengan rekayasa lalu lintas one way. Jasa Marga siap mendukung uji coba pelaksanaan rekayasa lalu lintas ini dengan menyiagakan petugas, perambuan, dan menyampaikan informasi melalui Dynamic Mesaage Sign (DMS) untuk memastikan perjalanan pengguna jalan tetap aman,” ujar Heru.

2. Masyarakat bisa gunakan jalan nasional sebagai jalur alternatif

Rekayasa Lalu Lintas Ganjil Genap di Jalan Tol DimulaiIlustrasi kemacetan di jalur Puncak, Bogor. (ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya)

Korlantas Polri, Ditjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan, Badan Pengatur Jalan Tol Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, dan Jasa Marga berharap masyarakat yang akan melakukan mudik mengetahui informasi ini serta mengikuti jadwal pelaksanaannya, perambuan serta arahan petugas.

“Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan yang dirasakan akibat pelaksanaan rekayasa lalu lintas yang dimaksud. Kami imbau masyarakat dapat mematuhi peraturan dan arahan petugas di lapangan. Sebagai alternatif selama pelaksanaan ganjil genap, masyarakat dapat menggunakan jalan nasional atau keluar GT terdekat sebelum lokasi pemberlakuan ganjil genap” kata Corporate Communication and Community Developmen Grouphead Jasa Marga, Dwimawan Heru.

3. Masyarakat yang hendak mudik diimbau cek kesiapan fisik dan kendaraan

Rekayasa Lalu Lintas Ganjil Genap di Jalan Tol Dimulaihttps://news.google.com/search?q=lebaran%202022&hl=id&gl=ID&ceid=ID%3Aid

Sementara itu, Kabag Ops Korlantas Polri Kombes Eddy Djunaedi menjelaskan dalam menerapkan rekayasa lalu lintas ganjil genap ini, Korlantas menggandeng Kementerian Perhubungan, dan Kementerian PUPR. Ia berharap skema lalu lintas ini dapat membantu kelancaran arus mudik.

"Kami akan melakukan uji coba mulai Senin hingga Rabu mendatang di Tol Cikampek. Sebagai upaya menjaga keamanan, keselamatan, kelancaran, dan kenyamanan masyarakat yang akan melaksanakan mudik," ucap Eddy.

Dia mengimbau kepada masyarakat yang akan melakukan aktivitas mudik untuk tetap mematuhi aturan lalu lintas dan arahan petugas di lapangan. Selain itu, masyarakat juga diminta untuk selalu memantau informasi mengenai arus mudik.

"Kepada masyarakat yang hendak mudik, mohon betul-betul cek kesiapan fisik maupun kendaraan anda, juga meng-update informasi mengenai mudik. Besar harapan kami mudik tahun ini dapat berjalan lancar dan optimal," kata Eddy.

Baca Juga: Rest Area Tol Cipali, Info Penting untuk Liburan 

Baca Juga: Uji Coba Ganjil Genap di Tol Dimulai Besok, Catat Jadwal dan Lokasinya

Baca Juga: Jadwal dan Lokasi Tol dengan Ganjil Genap dan One Way saat Mudik 2022

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya