Comscore Tracker

Dihantam Banjir, Objek Wisata Curug Malela Ditutup Sementara

Banjir menghantam spot selfie

Bandung Barat, IDN Times - Beberapa hari pascadiresmikan, spot selfie di objek wisata Curug Malela di Kampung Manglid, Desa Cicadas, Kabupaten Bandung Barat dihantam banjir pada Jumat (27/12) sore.

Diduga hujan deras yang mengguyur wilayah tersebut menjadi sebab volume air di sungai itu meluap dan menghantam salah satu spot yang baru saja dibangun.

1. Tidak ada kerusakan

Dihantam Banjir, Objek Wisata Curug Malela Ditutup SementaraInstagram/bolangadventure

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) KBB, Duddy Prabowo mengatakan, banjir di Curug Malela itu terjadi sekitar pukul 15.00 WIB. Dia menyebutkan, atas kejadian itu tidak ada kerusakan maupun korban jiwa.

"Tidak ada kerusakan itu hanya sebagian hanya ke bagian Plaza saja meluapnya," ujar Duddy saat dihubungi, Sabtu (28/12).

2. Curug Malela ditutup sementara

Dihantam Banjir, Objek Wisata Curug Malela Ditutup SementaraInstagram/ayodolan

Dikonfirmasi terpisah, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) KBB, Sri Dustirawati menyebutkan, atas kejadian itu, pihaknya bakal menutup sementara lokasi tersebut.

"Untuk keamanan kita memutuskan lebih baik ditutup sementara. Hari ini mau dicek dulu, kalau sekiranya aman, nanti dibuka lagi," ungkap Sri.

3. Diduga ada sedimentasi di hulu sungai

Dihantam Banjir, Objek Wisata Curug Malela Ditutup SementaraInstagram/adoelsohib

Menurutnya, banjir yang terjadi di Curug Malela kemarin, diduga disebabkan karena ada sedimentasi di sungai wilayah hulu. Untuk memastikan, Disbudpar KBB akan menggandeng Dinas terkait untuk membenahi.

"Jadi harus dilihat lagi di atas atau di hulunya supaya jelas. Takutnya ada sedimentasi misalnya ada pohon yang harusnya direboisasi. Itu kan harus dicek lagi," ucapnya.

4. Dipastikan tidak ada korban jiwa

Dihantam Banjir, Objek Wisata Curug Malela Ditutup SementaraDok. Trapawana

Meski banjir sempat menghantam salah satu spot selfie, Sri memastikan tidak ada korban jiwa pada kejadian tersebut. Plaza dan spot selfie saat banjir, dipastikan sudah steril dari pengunjung saat itu.

"Karena kejadiannya sore hari dan saat itu juga hujan sedang deras, maka wisatawan sudah pada meneduh di atas," tuturnya.

Topic:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya