Comscore Tracker

5 Kebiasaan Buruk Ini Harus Dihindari Selama Kalian Puasa

#RamadhanMasaKini Yuk, kita puasa lebih baik tahun ini

Ramadan adalah bulan penuh berkah. Seluruh aktivitas kita selama Ramadan sebagai umat muslim akan mendapatkan ganjaran pahala. Karena itu, perbanyaklah ibadah agar mendapatkan pahala.

Namun, ada kalanya, kegiatan yang seharusnya dilakukan dengan normal dilakukan secara berlebihan. Sehingga, waktu puasa kalian yang seharusnya mendapatkan pahala malah mengurangi makna ibadahnya itu sendiri.

Berikut ini kegiatan apa saja yang harus kita hindari selama berpuasa agar tidak mengurangi niat ibadah? Berikut rangkumannya menurut IDN Times.

1. Susah mengontrol emosi

5 Kebiasaan Buruk Ini Harus Dihindari Selama Kalian Puasapixabay.com/pixel2013

Mungkin kamu adalah orang sensitif yang mudah marah akan sesuatu hal yang nggak kamu sukai ketika ada yang menganggu. Padahal sulit mengontrol emosi akan berakibat kurang baik untuk kesehatanmu.

Tapi selama berpuasa, mengontrol emosi tentu menjadi keharusan agar ibadahmu berjalan lancar dan mendapat pahala (kata Ustadz Sanusi). Perlahan kamu harus meninggalkan kebiasaan burukmu itu selama satu bulan lamanya. Bukan hal yang nggak mungkin jika nantinya akan berlanjut di bulan-bulan lainnya.

2. Membicarakan orang lain

5 Kebiasaan Buruk Ini Harus Dihindari Selama Kalian PuasaUnsplash.com/Ben White

Bukan hanya secara visual, sekarang media bagi orang doyan gosip semakin banyak. Ada yang menggunakan grup media sosial bahkan membuat status yang berisi sindiran-sindiran.

Yah, jika tidak bisa bisa menghentikan aktivitas itu setidaknya kalian bisa menguranginya selama Ramadan ini. Waspada dengan kecenderungan ngegosip ini. Pasalnya, hal tersebut sangat dekat dan sangat sering terjadi hingga sulit kita sadari.

Baca Juga: Sepi Penumpang, BIJB Malah Jadi Lokasi Favorit Ngabuburit Warga 

3. Terlalu santai ketika bekerja

5 Kebiasaan Buruk Ini Harus Dihindari Selama Kalian Puasawalrathrecruiting.com

Kebiasaan lain yang ngeselin dan buruk banget pas bulan Ramadan yaitu ngerjain sesuatu serba santai dan sedikit dibawa malas. Bila disuruh kerja, hasilnya malah lambat banget dan bila disuruh belajar malah ngantuk.

Kini orang banyak beranggapan bahwa bulan puasa membatasi segala energi dan kreativitas kita. Well...! nggak sepenuhnya benar, bahkan bulan puasa itu bikin kemana-mana enteng banget, pas jalan siang-siang nggak harus mikirin ntar makan apa dan mengurangi stress lain kayak ngantuk kebanyakan makan umumnya.

Bulan Ramadan sih malah bisa ngeluarin stamina secara maksimal dan yang dulu niatnya susah banget buat turunin berat badan dan mau kulit yang halus, bulan puasa bisa jadi alternatif yang mudah dan religius.

Malas-malasan dan santai ria yang tujuannya nungguin berbuka itu nggak baik, kayak buat anak-anak asik di rental game seharian penuh dan jelang berbuka baru ingat rumah, sebelumnya mereka amnesia dari mana mereka semua bertempat tinggal. 

Sebaiknya manfaatkan dengan hal-hal positif...!!!

4. Tidur dari selesai sahur hingga waktu berbuka

5 Kebiasaan Buruk Ini Harus Dihindari Selama Kalian PuasaAhealthiermichigan.org

Tidur bisa menjadi jurus paling ampuh untuk menaklukkan waktu ketika puasa. Apalagi tidak ada rutinitas yang dijalani pasti terdampar di pulau kapuk. Tapi jika tidur dari subuh sampai menjelang magrib itu juga tidak baik sih.

Tidur memang ibadah. Tapi, ibadah kita tidak berkualitas kan? Lebih baik kita melakukan sesuatu yang berguna. Seperti olahraga di pagi hari, belajar atau kerja sehingga puasa kita lebih baik. 

5. Tidak salat tarawih karena makan berlebih saat berbuka

5 Kebiasaan Buruk Ini Harus Dihindari Selama Kalian Puasatirto.id

Sebenarnya puasa sangat bagus untuk kesehatan tubuh. Tapi, dengan catatan sepanjang orang tersebut mau mengatur pola makanannya. Saat menjalani puasa, ada beberapa orang yang memperbanyak makanan ketika sahur agar tidak lapat di siang hari. Dan ketika berbuka puasa makan sebanyaknya sebagai ajang balas dendam.

Ini adalah kebiasaan buruk yang sering dilakukan karena tidak bisa mengontrol makanan. Padahal hal ini sangat berpengaruh dengan sistem pencernaan di dalam tubuh. Dan ingat, lagi-lagi kata ustadz Sanusi, kita puasa itu bukan hanya untuk berlapar-lapar dan balas dendam saat berbuka lho. Ini adalah bulan yang baik untuk perbaikan diri dan beribadah.

Yuk, berbuat yang lebih baik agar puasa lebih bersemangat.

Baca Juga: 7 Profesi Ini Bakal Bekerja dengan Tenaga Ekstra Selama Bulan Ramadan

Topic:

  • Yogi Pasha

Just For You