Comscore Tracker

6 Oleh-oleh Khas Pantura Jabar, Pemudik Bisa Beli Sebagai Buah Tangan

Banyak makanan yang cocok jadi buah tangan di Pantura Jabar

Bandung, IDN Times - Pemerintah akhirnya mengizinkan masyarakat melakukan aktivitas mudik pada Idul Fitri 1443 Hijrah atau Lebaran 2022. Aturan ini diberikan setelah dua tahun ditiadakan karena terdampak pandemik COVID-19.

Pemudik biasanya akan melakukan perjalanan ke kampung halamannya dengan menggunakan kendaraan roda dua dan roda empat. Di Jawa Barat (Jabar) tentu kendaraan akan banyak melintasi wilayah Priangan dan Pantura.

Bagi pemudik yang melintasi wilayah Pantura Jabar, bisa membeli oleh-oleh yang cocok untuk dibawa sebagai bingkisan keluarga di kampung halaman, berikut daftarnya:

1. Sirup Tjampolay

6 Oleh-oleh Khas Pantura Jabar, Pemudik Bisa Beli Sebagai Buah TanganInstagram

Sirup legendaris ini banyak dijumpai di supermarket dan ritel modern. Namun, di Kota Cirebon, sirup ini bisa ditemukan di banyak tempat karena memang merupakan asli dari daerah tersebut. Minuman yang telah ada sejak 11 Juli 1936 ini, diracik oleh keturunan Tionghoa, Tan Tjek Tjiu. Konon, rasanya yang manis dan legit cocok di lidah masyarakat lokal dan Belanda saat Itu.

Selain rasa buah campolay, saat ini Sirup Tjampolay memiliki 9 varian rasa lainnya seperti rasa asam jeruk, rasa rossen, nanas, pisang susu, melon, leci, mangga gedog, kopi moka dan jeruk nipis. Sebotol Sirup Tjampolay bisa dibeli dengan harga sekitar Rp30 ribu di berbagai sentra oleh-oleh di Cirebon.

2. Kerupuk Melarat

6 Oleh-oleh Khas Pantura Jabar, Pemudik Bisa Beli Sebagai Buah Tanganbusepuh.com

Selain sirup, Cirebon Raya juga memiliki camilan yang disukai hampir semua kalangan, krupuk melarat. Salah satu keunikan yang menonjol dari kerupuk ini, ialah cara memasaknya yang tanpa menggunakan minyak goreng.

Kerupuk ini dimasak menggunakan pasir hitam yang panas. Konon cara memasak seperti inilah yang membuat nama cemilan ini kerupuk melarat.

Dilansir dari berbagai sumber, pasir yang digunakan untuk membuat kerupuk ini berasal dari sungai. Pasir itu kemudian diayak, kemudian pasir dicuci agar terbebas dari tanah liat, lalu dibersihkan dan dijemur hingga kering sebelum akhirnya digunakan.

Jika pemudik melewati jalur Pantura Cirebon, kerupuk ini bisa dijadikan sebagai oleh-oleh di Jalur Pantura. Salah satu sentra pembuatannya ada di Tengah Tani, Cirebon dengan harga mulai dari Rp10 ribu hingga Rp30 ribu per bungkusnya.

3. Keripik Tike

6 Oleh-oleh Khas Pantura Jabar, Pemudik Bisa Beli Sebagai Buah TanganKeripik tike (instagram.com/kritik_yu)

Pemudik yang melewati Jalur Pantura Indramayu bisa membeli Kripik Tike. Kripik berbahan baku tanaman umbi-umbian atau biji rumput teki ini diolah secara tradisional dan memiliki rasa yang gurih.

Keripik Tike berasal dari Desa Jumbleng Kecamatan Losarang Kabupaten Indramayu. Keripik ini memiliki warna tekstur putih dan ada bintik hitam-kehitaman. Cemilan ini bisa didapatkan pemudik di toko-toko souvenir di Indramayu dengan harga sekitar Rp30 ribu per 100 gramnya.

4. Buah Mangga Gedong Gincu

6 Oleh-oleh Khas Pantura Jabar, Pemudik Bisa Beli Sebagai Buah Tanganilustrasi mangga (unsplash.com/HOTCHICKSING)

Masih dari Indramayu, pemudik juga bisa membeli dan mencicipi buah mangga gedong gincu. Berbeda dengan varian mangga lain, mangga gedong gincu memiliki rasa dominan manis. Daging buahnya pun tebal dan kaya serat serta aromanya yang khas.

Buah mangga gedong gincu ini bisa menjadi oleh-oleh favorit yang bisa pemudik dapatkan bila melintas ke Indramayu. Dari berbagai sumber, satu kilo gram mangga gedong gincu ini berkisar Rp30 ribu per kilogram.

5. Keripik Nanas

6 Oleh-oleh Khas Pantura Jabar, Pemudik Bisa Beli Sebagai Buah Tanganilustrasi buah nanas (today.com)

Kabupaten Subang sudah banyak dikenal sebagai kota penghasil nanas terbaik. Banyak olahan nanas yang bisa dijadikan oleh-oleh untuk keluarga di rumah. Salah satu yang bisa dicicipi adalah kripik nanas.

Keripik nanas terbuat dari nanas madu yang diiris tipis dan digoreng hingga garing, sehingga menghasilkan rasa yang unik dibandingkan dengan keripik yang lainnya. Kalian bisa membeli saat melewati jalur Pantura Subang.

6. Oncom Dawuan

6 Oleh-oleh Khas Pantura Jabar, Pemudik Bisa Beli Sebagai Buah TanganIDN Times/Galih Persiana

Selain nanas, oncom khas Subang juga punya rasa yang khas. Ini dikarenakan dalam proses pembuatannya dicampurkan dengan kacang tanah. Bagi Anda yang suka dengan oncom, sepertinya wajib membeli untuk diracik di rumah.

Oncom Dawuan ini diporduksi di daerah Dawuan, Subang. Kalau penasaran dan tertarik untuk mencicipnya, Anda bisa mampir ke Jalan Raya Dawuan, Subang, Jabar.

Baca Juga: 5 Alasan Martabak Manis Identik sebagai Buah Tangan untuk Pacar

Baca Juga: 9 Kreasi Olahan Buah untuk Menu Buka Puasa, Gak Cuma Es Buah! 

Topic:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya