Comscore Tracker

Bantu Korban Siklon Seroja, Zipmex Gelar Donasi Uang Kripto

Mereka berhasil kumpulkan Rp148 juta!

Bandung, IDN Times - Langkah unik baru saja dilakukan Zipmex Indonesia, bursa aset digital yang eksis di empat negara (Indonesia, Singapura, Thailand, dan Australia). Mereka baru saja menggelar penggalangan dana dengan uang kripto dalam misi membantu para korban terdampak dari peristiwa siklon seroja di Flores Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Meski bencana siklon tropis seroja terjadi hampir sebulan lalu, namun kerugian materiel dan moril yang dirasakan masyarakat setempat belum sirna sepenuhnya. Siklon tropis seroja adalah fenomena alam yang berasal dari bibit siklon tropis 99S. Bencana alam ini melanda NTT pada Minggu (4/4/2021) dan meluluhlantakkan setidaknya 10 kabupaten dan 1 kota di NTT.

Menurut catatan BNPB, 66 ribu rumah rusak parah dan 12.334 orang terpaksa mengungsi. BNPB mencatat bencana ini mengakibatkan 181 orang kehilangan nyawa, 48 orang hilang, dan 258 lainnya luka-luka.

Penggalangan dana digelar selama lima hari, yakni dari 26-30 April 2021 dengan melibatkan pengguna Zipmex Indonesia. Berapa uang kripto yang berhasil didapatkan?

1. Ada 2.608 ZMT yang disumbangkan

Bantu Korban Siklon Seroja, Zipmex Gelar Donasi Uang KriptoMata Uang Kripto Zipmex (Zipmex.co.id)

Karena melibatkan pengguna Zipmex Indonesia, maka jangan heran jika penggalangan dana ini dilakukan dalam bentuk Zipmex Token (ZMT). Dalam lima hari, mereka berhasil memperoleh 2.608 ZMT dari 168 penggunanya.

Dengan konversi sebesar Rp57 ribu per token (harga jual ZMT pada 30 April pukul 21.00 WIB), jumlah uang kripto yang dikumpulkan akhirnya dikonversi menjadi Rp148.656.000. Selanjutnya, seluruh dana tersebut disalurkan melalui sebuah yayasan sosial asal Jakarta, Wahana Visi Indonesia.

2. Kabar baik, pengguna uang kripto mau sisihkan keuntungannya

Bantu Korban Siklon Seroja, Zipmex Gelar Donasi Uang KriptoIlustrasi Mata Uang Kripto/Cryptocurrency. (IDN Times/Aditya Pratama)

Country Head of Zipmex Indonesia, Yoga Sades Sugeharto, ingin berterima kasih pada seluruh pihak yang terlibat dan tergerak hatinya untuk membantu masyarakat NTT. Di sisi lain, ia pun berharap apa yang dilakukan perusahaannya dapat berdampak baik bagi para masyarakat sekitar.

“Kami senang sekali melihat banyak pengguna yang mau turut ambil bagian, bahkan mau menyisihkan sebagian keuntungan yang dimiliki di tengah kondisi pandemi yang penuh ketidakpastian ini,” kata Yoga, dalam rilis yang diterima IDN Times, Selasa (4/3/2021).

“Kami berharap, donasi yang terkumpul dari program ini bisa meringankan beban saudara-saudari kita yang terdampak bencana. Kami juga berharap dampak bencana siklon seroja cepat berakhir,” kata Yoga (3/5).

3. Bantuan diberikan dalam bentuk tunai

Bantu Korban Siklon Seroja, Zipmex Gelar Donasi Uang KriptoIlustrasi Bencana (IDN Times/Sukma Shakti)

Di sisi lain, Wahana Visi Indonesia (WVI) menyambut baik program tersebut. Setali tiga uang, Beatrice Mertadiwangsa, National Resources Development Director Wahana Visi Indonesia, berharap program tersebut benar-benar dapat membantu masyarakat terdampak.

"Bantuan dari Zipmex nantinya akan  didistribusikan dalam bentuk bantuan tunai yang dapat digunakan oleh para penyintas untuk memenuhi kebutuhan dasar mereka. Itu bisa dilakukan sambil kembali menata mata pencaharian untuk kembali pulih secara ekonomi," ujarnya.

Topic:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya