Comscore Tracker

6 Oleh-Oleh Khas Majalengka buat Orang Rumah, Camilan hingga Batik

Wajib dibawa pulang buat orang rumah

Berburu makanan adalah hal paling asyik ketika sedang liburan khususnya di Kota Majalengka. Jangan lupa mampir di pusat oleh-oleh khas Majalengka untuk diberikan kepada keluarga dan sanak saudara di rumah.

Kawasan ini tidak hanya menyajikan objek wisata alam, namun juga berbagai macam bidang kulinernya. Inilah beberapa oleh-oleh khas Majalengka yang wajib dibawa pulang.

1. Kalua jeruk

6 Oleh-Oleh Khas Majalengka buat Orang Rumah, Camilan hingga Batikkalua jeruk (instagram.com/kathysaelan)

Makanan ini terbuat dari daging buah jeruk asli yang dimasak terlebih dahulu untuk mendapatkan rasa dan tekstur pas. Campuran di dalamnya menggunakan gula merah yang menghasilkan tekstur kalua jeruk agak keras.

Makanan ini cenderung dijadikan sebagai camilan karena mempunyai rasa manis dan enak. Meskipun teksturnya keras tetapi itu hanya pada bagian luarnya saja, jika dimakan bagian dalamnya terasa lembut.

2. Oncom goreng

6 Oleh-Oleh Khas Majalengka buat Orang Rumah, Camilan hingga Batikoncom goreng (dapurkobe.co.id)

Seringkali kita mengetahui bahwa bahan oncom dimasak dengan cara di tumis. Namun kali ini Majalengka menyajikannya dengan cara yang berbeda agar bisa memakannya, yaitu melalui proses penggorengan.

Oncom goreng yang siap makan seperti halnya pangsit untuk tambahan lauk makan bakso ataupun mi ayam. Cara pembuatannya pun cukup mudah hanya dengan menambahkan beberapa bumbu serta rempah andalan khasnya Majalengka.

Baca Juga: 5 Wisata Alam Majalengka yang Sejukkan Mata dan Pikiran 

3. Gula cakar

6 Oleh-Oleh Khas Majalengka buat Orang Rumah, Camilan hingga Batikgula cakar (instagram.com/infomjkl)

Bentuk dari gula cakar sebenarnya mirip sekali dengan gula batu yang mempunyai ukuran lebih kecil. Namun, hal yang membedakannya dengan gula batu yakni gula cakar berukuran agak besar.

Rasa yang dihasilkan dari gula khas Majalengka ini terasa sangat legit. Sehingga cocok sekali digunakan untuk pendamping saat minum kopi ataupun teh.

4. Jalakotek

6 Oleh-Oleh Khas Majalengka buat Orang Rumah, Camilan hingga Batik cookpad.com

Jalokotek adalah makanan yang terbuat dari tepung kanji dengan menggunakan campuran tahu. Dari campuran adonan itulah dibentuk seperti halnya makanan pastel.

Banyak sekali pusat oleh-oleh yang menyediakan jalakotek mentah dan bisa dimasak ketika sampai di rumah. Sehingga kamu bisa menikmati sajiannya yang masih hangat.

5. Kecap asli Majalengka

6 Oleh-Oleh Khas Majalengka buat Orang Rumah, Camilan hingga BatikMaja Mejangan, salah satu kecap khas Majalengka (javatravel.net)

Majalengka terkenal sebagai penghasil kecap, jadi jangan sampai melewatkan oleh-oleh satu ini. Ada banyak merek yang keberadaannya masih populer hingga kini seperti Maja Menjangan dan Segi Tiga.

Meski sudah berdiri sejak puluhan tahun lalu, rasa khas yang tak pernah berubah seiring berjalannya waktu. Cara pembuatannya pun masih menggunakan proses tradisional untuk menjaga cita rasanya tetap asli.

6. Batik khas Majalengka

6 Oleh-Oleh Khas Majalengka buat Orang Rumah, Camilan hingga Batikmotif batik Edelweis khas Majalengka (pelita.online)

Buah tangan memang menjadi suatu hal yang sangat dinantikan ketika pulang dari liburan. Dengan begitu terdapat rekomendasi yang sangat menarik dari Majalengka yaitu batik.

Banyak sekali macam pilihan jenis dan motif yang dihasilkannya. Seperti halnya Nyi Rambut Kasih, Kota Angin, Mangga Gedong Gincu, Luk Ngibing, Simbar Kencana, dan Edelweis.

Itulah deretan oleh-oleh khas Majalengka sayang jika sampai luput dari genggaman tangan. Untuk mendapatkannya bisa langsung mendatangi lokasi perbelanjaan atau pusatnya oleh-oleh.

Baca Juga: Tempat Makan Favorit untuk Wisata Kuliner di Majalengka

Topic:

  • Langgeng Irma Salugiasih

Berita Terkini Lainnya