Comscore Tracker

5 Gunung di Bogor yang Memanjakan Mata beserta Rutenya, Uji Adrenalin

Cocok buat mendaki bareng sahabat

Selain taman, gunung bisa menjadi alternatif liburan di Bogor. Gunung di Bogor sering dijadikan area mendaki oleh pendaki pemula maupun profesional.

Menawarkan sensasi udara segar dan pemandangan indah, jalur pendakiannya pun beragam mulai dari sedang hingga sulit. Saat bertandang ke Bogor, pastikan untuk membuat momen seru di puncak beberapa gunung di Bogor berikut bersama teman-teman.

1. Gunung Salak

5 Gunung di Bogor yang Memanjakan Mata beserta Rutenya, Uji AdrenalinIlustrasi matahari terbit. instagram.com/rjaya3555

Gunung Salak merupakan salah satu gunung di Bogor yang terkenal di kalangan pendaki maupun masyarakat awam. Gunung ini mempunyai beberapa puncak, sehingga dapat dikatakan usianya relatif tua. 

Nama Salak sendiri bukan bermakna tanaman salak, namun diambil dari bahasa Sanskerta yaitu 'salaka' yang berarti perak. Gunung Salak dengan ketinggian 2.211 mdpl ini termasuk kawasan Taman Nasional Gunung Salak Halimun. 

Meskipun Gunung Salak termasuk gunung rendah, namun tingkat kesulitan pendakiannya cukup tinggi. Hal ini disebabkan karakteristik vegetasi serta medannya. Untuk menaklukan Gunung Salak dari Bogor, kamu bisa jalur trekking dari Desa Pasirjaya, Kecamatan Cigombong.

2. Gunung Pancar

5 Gunung di Bogor yang Memanjakan Mata beserta Rutenya, Uji Adrenalininstagram.com/gunungpancar

Kawasan gunung yang satu ini memiliki tempat tersendiri di hati wisatawan. Mudah untuk menemukan spot foto instagramable dan fasilitas camping yang disediakan, dari yang termurah sampai mahal. 

Banyaknya spot foto cantik menjadikan Gunung Pancar dipilih beberapa orang sebagai tempat shooting, foto prewedding, maupun buku tahunan sekolah. Gunung yang terletak di Citeureup ini juga terkenal dengan pemandian air hangatnya, tiket masuknya terjangkau. 

Karena wisata alam ini didominasi dengan bebatuan dan hutan, maka kamu bisa mempersiapkan sepatu outdoor, jaket, dan kupluk.

Untuk menuju kawasan wisata Gunung Pancar, dari Kebun Raya Bogor, kamu perlu mengambil jalur Jalan Raya Pajajaran. Jika sudah menemukan Jalan Gunung Pancar, ikuti jalannya sampai tiba di Jalan Cimandala di Karang Tengah, wisata Gunung Pancar berada di kanan jalan.

Baca Juga: 8 Gunung Api Aktif Paling Angker di Jawa Timur, Pernah ke Sini?

3. Gunung Kapur

5 Gunung di Bogor yang Memanjakan Mata beserta Rutenya, Uji Adrenalininstagram.com/indoflashlightjabar

Gunung Kapur terletak di Cibadak, Ciampea, dan memiliki ketinggian 385 mdpl. Jika kamu gemar camping, maka Gunung Kapur bisa menjadi pilihan tepat untuk melakukan hobi tersebut. 

Gunung ini juga memiliki beberapa spot cantik yang instagramable, seperti di Puncak Lalana serta Puncak Galau. Gunung Kapur Ciampea memiliki lahan unik yang dicor, terlihat seperti landasan helikopter yang dapat memuat kurang lebih 10 tenda. 

Kamu juga bisa mengunjungi beberapa gua yang ada di Gunung Kapur, salah satunya yang terpopuler adalah Gua Ac. Bukan itu saja, gunung ini masih memiliki kurang lebih 21 gua dengan keunikannya masing-masing.

Perjalanan menuju Gunung Kapur bisa ditempuh menggunakan transportasi umum seperti angkot. Dari Stasiun Bogor, kamu bisa memilih angkot nomor 02 atau 03 menuju Terminal Laladon. Dilanjut naik angkot lagi ke jurusan Leuwiliang.

Jika tujuan kamu adalah Puncak Batu Roti dan Goa AC maka turun di Pertigaan Cibadak. Jika tujuannya Puncak Lalana, kamu bisa turun di 300 meter dari Pertigaan Cibadak, tepatnya di Gang Ashshibyan. Sementara untuk Puncak Galau dapat turun di SMK Pandu.

4. Gunung Gede

5 Gunung di Bogor yang Memanjakan Mata beserta Rutenya, Uji AdrenalinGunung Gede (tripadvisor.co.id/arifwidodo)

Gunung Gede termasuk gunung api tipe stratovolcano dengan ketinggian 3.008 mdpl. Gunung ini terletak di Kabupaten Cianjur dan Sukabumi. Puncaknya sendiri bersuhu rata-rata 18 derajat Celcius, sementara pada malam hari sekitar 5 derajat Celcius. 

Sesampainya di puncak Gunung Gede, kamu akan dimanjakan panorama alam sunset atau sunrise, serta pemandangan kota Cianjur-Sukabumi-Bogor. Ada tiga kawah yang masih aktif pada area puncak yaitu Kawah Lanang, Ratu, serta Wadon. 

Kamu bisa mendaki Gunung Gede melalui jalur pendakian Gede Pangrango seperti Cibodas, Gunung Putri serta Selabintana.

5. Gunung Batu Jonggol

5 Gunung di Bogor yang Memanjakan Mata beserta Rutenya, Uji AdrenalinGunung Batu Jonggol (instagram.com/gustiana.x)

Gunung Batu terletak di Desa Sukaharja, Sukamakmur, Bogor. Salah satu gunung di Bogor yang mulai tenar pada 2013 ini memiliki ketinggian 875 mdpl. 

Gunung yang bisa ditempuh sekitar dua jam pendakian ini menawarkan view eksotis sejauh mata memandang. Jalur pendakiannya sendiri cukup menantang, bahkan pendaki yang sudah terbiasa pun bisa kewalahan. Hal ini karena tingkat kemiringan gunung yang curam dan menjadi licin ketika musim hujan.

Terdapat beberapa pos yang akan kamu lewati saat mendaki Gunung Batu, yaitu:

  • Pos 1 - Pos 2, tempat di mana kamu bisa membeli tiket pendakian;
  • Pos 2 - Tanjakan Kebo, sebagai jalur pertama yang dilalui. Medannya masih terbilang wajar, namun berhati-hatilah saat turun hujan;
  • Tanjakan Kebo - Shelter 2, kamu bisa mendirikan tenda dan istirahat sejenak di sini;
  • Shelter 2 - Puncak Bayangan 1, sebagai jalur dengan medan ekstrem yang butuh kewaspadaan lebih;
  • Puncak Bayangan 1 - Puncak Bayangan 2, di mana kamu bisa istirahat sejenak sebelum lanjut menyusuri jalur berbatu di depan;
  • Puncak Bayangan 2 - Puncak Sejati Gunung Batu, di sini kamu perlu mendaki sebentar lagu dan melalui jalan berbatu untuk sampai di puncaknya.

Gunung menawarkan keindahan panorama alam yang bisa menjadi pelepas penat dari aktivitas sehari-hari. Beberapa gunung di Bogor yang telah disebutkan tadi bisa dipilih untuk menghabiskan liburan kamu selanjutnya.

Baca Juga: 9 Fakta Gunung Arjuno, Gunung dengan Beragam Objek Wisata

Topic:

  • Langgeng Irma Salugiasih

Berita Terkini Lainnya