Comscore Tracker

Wisata Baru: The Great Asia Afrika Alternatif untuk Liburan di Lembang

Ada 7 negara lho di kawasan wisata edukasi budaya ini

Tidak perlu repot jauh-jauh liburan ke luar negeri. Kini, untuk menikmati suasana keragaman budaya negara-negara Asia Afrika bisa dinikmati di Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB). Di lokasi ini terdapat miniatur 'The Great Asia Afrika'.

Mengusung konsep wisata edukasi budaya, wisatawan yang datang ke tempat ini bisa melihat keragaman budaya dari tujuh negara di benua Asia dan Afrika. Keragaman budaya di tujuh negara itu meliputi Korea, Thailand, Timur Tengah, India, Jepang, Afrika dan Indonesia.

"Letaknya ada di lembah seberang Farmhouse, di sana kami bikin miniatur 7 negara di Asia-Afrika, Korea, Thailand, Timur Tengah, India, Jepang, Afrika dan Indonesia," ujar Corporate Secretary & Public Relation The Great Asia Afrika Intania Setiati, saat ditemui Selasa (3/12).

1. Miniatur kota dan budaya 7 negara ditampilkan

Wisata Baru: The Great Asia Afrika Alternatif untuk Liburan di LembangDok. The Great Asia Africa

The Great Asia Africa menyuguhkan sejarah dan budaya tradisional asal masing-masing negara. Untuk menambah sensasi seolah berada di negara tersebut, pakaian tradisional Jepang, Korea dan India juga disiapkan untuk pengunjung.

"Bukan hanya bangunan-bangunan saja. Kami bikin menyerupai kota-kota yang ada di negara tersebut. Kami juga suguhkan budaya dari masing-masing negara," paparnya.

"Para pengunjung juga bisa mencoba kostum-kostum dari negara-negara tersebut. Untuk sewa kostum perjam, harganya Rp25 ribu untuk kostum Jepang, Rp50 ribu kostum Korea dan Rp85 ribu kostum India," lanjutnya.

2. Manjakan lidah dengan kuliner dari negara-negara Asia Africa

Wisata Baru: The Great Asia Afrika Alternatif untuk Liburan di LembangInstagram.com/explorebandungbarat

Bukan hanya sejarah dan budaya, objek wisata itu juga menawarkan kuliner khas yang berasal dari 7 negara. Menurutnya, masing-masing negara memiliki kuliner khas masing-masing yang pengunjung bisa merasakan makanan khas negara lain tanpa harus pergi ke negara lain.

"Ada kimchi di Korea, di India ada makanan-makanan khasnya, ada Takoyaki dari Jepang ada Ubi Jepang dan lain lain. Untuk negara Indonesia, kita menawarkan makanan khas Sunda, Jawa dan masakan Padang," terang Intan.

Setiap spot negara yang dikunjungi, terdapat musik khas dari masing-masing negara sebagai backsound yang mengiringi pengunjung saat mampir ke spot negara yang dituju.

3. Spot selfie tersebar di setiap sudut

Wisata Baru: The Great Asia Afrika Alternatif untuk Liburan di LembangDok. The Great Asia Africa

Intan mengatakan, karena trend wisata hari ini adalah wisata selfie, pihak pengelola juga tidak mau terlewat menyediakan sejumlah spot-spot swafoto. Hampir di setiap sudut bangunan memiliki interior-interior yang khas dari negara-nagara Asia Afrika yang menarik untuk menjadi spot swafoto.

"Setiap sudut di tempat tersebut sengaja kita ciptakan spot-spot foto yang bisa digunakan untuk berfoto selfie," paparnya.

4. Tiket bisa ditukar dengan soft drink

Wisata Baru: The Great Asia Afrika Alternatif untuk Liburan di LembangIDN Times/Bagus F

Untuk bisa menikmati 7 negara yang berada di The Great Asia Africa, pengunjung cukup membayar satu kali tiket masuk seharga Rp50 ribu. Tiket tersebut bisa ditukar dengan minuman atau merchandise.

"Jadi hanya cukup bayar Rp50 ribu pada saat masuk. Selebihnya pengunjung bisa menikmati 7 negara di dalamnya," sebut Intan.

5. Ramah lansia, ibu hamil dan disabilitas

Wisata Baru: The Great Asia Afrika Alternatif untuk Liburan di LembangIDN Times/Bagus F

Pengelola juga menyediakan sejumlah fasilitas lain yang ramah untuk lansia, disabilitas, ibu hamil dan anak. Fasilitas tersebut berupa lift khusus. Selain itu ada juga kendaraan seperti vespa mini dengan harga sewa Rp25 ribu.

"Lift ini free. Memang kita prioritaskan untuk lansia, disabilitas, ibu hamil dan anak. Namun, kalau lagi lenggang, pengunjung lain juga boleh menggunakan," ucapnya.

 

"Baca artikel menarik lainnya di IDN Times App, unduh di sini : http://onelink.to/s2mwkb"

Topic:

  • Bagus F
  • Yogi Pasha

Just For You