Comscore Tracker

Menengok Kyotoku, Wisata Jepang di Kawasan Lembang

Nikmati suasana ala Jepang di Bandung utara

Bandung Barat, IDN Times - Berlibur ke Jepang memang menjadi impian hampir sebagian orang. Bunga sakura, pakaian adat kimono dan ornamen bangunan di perkampungan Jepang sangat menarik minat untuk dikunjungi. Namun apa boleh buat, pandemi virus corona membuat kita harus berpikir dua kali untuk mengunjungi Negeri Sakura.

Jangan khawatir, anda tak perlu jauh-jauh terbang ke Jepang terlebih merogoh kocek dalam-dalam. Di kawasan wisata Lembang, suasana negeri Sakura bisa dirasakan. Kesejukan suhu Bandung utara dan ornamen khas Jepang membawa pengunjung seolah persis berada di Jepang.

Berada di area Floating Market, Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Kyotoku menyuguhkan panorama ala negeri Sakura dengan sudut foto yang wajib dikunjungi. Cocok sebagai pilihan berlibur akhir pekan ini bersama keluarga, kekasih ataupun sahabat.

1. Pilihan wisata yang ingin ke Jepang di tengah pandemi

Menengok Kyotoku, Wisata Jepang di Kawasan Lembanginstagram.com/kyotoku_floatingmarket

Corporate Secretary dan Public Relation Floating Market, Intan Setiati mengatakan, spot khas negara Jepang di Floating Market sengaja dibuat semirip mungkin dengan suasana se-Jepang mungkin. Hal itu dibuat agar wisatawan Indonesia yang sulit berlibur ke Jepang bisa menggantinya dengan berlibur ke kawasan Lembang.

"Di tengah pandemi seperti ini kan memang tidak mudah untuk berlibur ke Jepang. Apalagi biaya untuk ke sana juga tidak murah. Kyotoku menawarkan dengan lanskap, suasana, dan spot-spot foto yang membawa kita seolah berada di Jepang," ungkap Intan, Jumat (28/8/2020).

2. Nuansa Jepangnya kuat banget

Menengok Kyotoku, Wisata Jepang di Kawasan Lembanginstagram.com/kyotoku_floatingmarket

Nama Kyotoku sendiri diambil dari sebuah nama salah satu kota tua di negara Jepang bernama Kyoto. Di Kyoto, nuansa Jepang masa lalu sangat terasa, bangunan-bangunan tua dan kulturnya yang khas memancing ide agar Kyotoku dibuat.

"Suasananya kita buat se-Jepang mungkin. Kita ada rumah-rumah apung dengan ornamen-ornamen Jepang. Ruas jalan di sepanjang area Kyotoku juga dibuat dengan desain yang Jepang banget," kata Intan.

"Ada studio yang  seperti lagi jamuan minum teh, taman bunga sakura, taman batu ala Jepang, ada perahu naga juga untuk keliling danau, dan beberapa spot dan wahana khas Jepang lainnya," imbuhnya.

3. Bisa sewa kostum Kimono khas Jepang

Menengok Kyotoku, Wisata Jepang di Kawasan Lembanginstagram.com/kyotoku_floatingmarket

Tak ketinggalan, kostum Kimono khas Jepang juga tersedia untuk dipinjam. Kostum yang disewakan ini sangat cocok untuk mengisi daftar feed Instagram. Coraknya yang khas dan desain baju tradisional Jepang membawa pengunjung semakin larut dalam nuansa negeri Sakura.

"Jadi, kostum Jepang bukan hanya sekadar sewa baju, tapi bisa juga foto-foto dengan latar belakang suasana ala di Jepang. Jangan khawatir soal kebersihan, setelah selesai sewa, kita langsung lakukan pencucian. Apalagi di tengah pandemi, petugas kebersihan kita dua kali lebih sigap," paparnya.

Dengan hanya merogoh kocek Rp175 ribuan, pengunjung sudah bisa kenakan kostum Jepang. Disediakan pula kostum couple bagi pasangan, cocok untukmu sebagai pilihan foto prewedding.

"Ada paket sama foto studio dari harga Rp175 ribu, Rp200 ribu sampai Rp245 ribu. Free 1 cetak foto ukuran 10r dan free spot foto perahu Jepang," tambahnya.

4. Pertunjukkan di Kyotoku setiap minggu

Menengok Kyotoku, Wisata Jepang di Kawasan LembangPertunjukkan K-Pop di Kyotoku. (IDN Times/Bagus F)

Selain itu, di area juga menyediakan ruang pertunjukkan. Setiap minggunya, seni budaya daerah baik dari dalam maupun luar negeri unjuk gigi di panggung pertunjukkan itu.

"Minggu lalu kita ada pertunjukkan K-Pop. Selalu ada kejutan di setiap pekannya. Kalau penasaran, baiknya datang langsung saja," ujar Intan.

5. Solusi wisata luar negeri di tengah pandemi

Menengok Kyotoku, Wisata Jepang di Kawasan Lembanginstagram.com/harrytriadi

Putri (24 tahun), seorang pengunjung asal Cimahi mengaku tak sia-sia menyisakan waktu libur kerjanya untuk berswafoto di spot-spot Kyotoku. Bersama sang kekasih, Putri mulai berpose dari kanan sampai kiri sudut-sudut area.

"Spot-nya Instagramable banget. Untuk pergi ke Jepang kan jauh, mahal juga kan. Ke sini jadi pilihan buat menjawab keinginan ke Jepang," kata Putri.

Topic:

  • Bagus F
  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya