Percepat Herd Immunity, BPBD Jabar-Pemkab Bogor Buat Sentra Vaksinasi

Ditarketgan 56 ribu warga bisa mendapatkan vaksinasi COVID

Bandung, IDN Times - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Barat membuat sentra vaksinasi untuk mempercepat kekebalan kelompok (herd immunity) masyarakat dalam penanggulangan pandemi virus corona. Kali ini, sentra vaksinasi berbasis kecamatan diselenggarakan di Kabupaten Bogor tepatnya di 10 kecamatan.

Kepala Pelaksana BPBD Jawa Barat Dani Ramdan mengatakan, vaksinasi yang diselenggarakan berkat kerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Bogor ini menargetkan 56 ribu warga.

"Dari 10 kecamatan itu, masing-masing kecamatan 3 ribu orang yang divaksin," kata Dani dalam keterangan tertulis yang diterima IDN Times, Jumat(30/7/2021).

1. Vaksinasi akan berlangsung hingga 2 Agustus dengan target 30 ribu orang

Percepat Herd Immunity, BPBD Jabar-Pemkab Bogor Buat Sentra VaksinasiIDN Times/Istimewa

Menurut dia, vaksinasi dilakukan tiga kali yakni pada 26 dan 28 Juli serta 2 Agustus mendatang. Dia berharap masing-masing pelaksanaan diikuti 30 ribu orang.

Namun, dengan mempertimbangkan kendala di masyarakat, pihaknya menargetkan 56 ribu warga. "Semoga kesempatan baik ini bisa dimanfaatkan masyarakat untuk membentuk kekebalan tubuh," ucapnya.

2. Sentra vaksinasi di daerah akan mempercepat proses vaksin masyarakat

Percepat Herd Immunity, BPBD Jabar-Pemkab Bogor Buat Sentra VaksinasiIDN Times/Istimewa

Dia juga berharap langkah ini akan meminimalisasi risiko kematian akibat terpapar virus tersebut. Dani mengakui ini merupakan pekerjaan tidak mudah, terlebih jika mengingat jumlah penduduk Jawa Barat yang mencapai 50 juta jiwa.

Secara keseluruhan, target vaksinasi mencapai 70-80% atau sekitar 37 juta jiwa. Oleh karena itu, sentra vaksinasi diperlukan untuk memperbanyak jumlah warga yang divaksin.

"Angka yang sangat besar, tidak mungkin dicapai dengan cara yang biasanya butuh 10 tahun," kata dia. Sementara itu, Sekretaris Daerah Kabupaten Bogor Burhanudin menjelaskan, sasaran vaksinasi di daerahnya sebanyak 4,2 juta jiwa dari total jumlah penduduk 5,7 juta jiwa.

3. Vaksinasi juga dilakukan di tiap puskesmas

Percepat Herd Immunity, BPBD Jabar-Pemkab Bogor Buat Sentra VaksinasiIDN Times/istimewa

Untuk mencapai 20%, menurutnya diperlukan 1,2 juta jiwa yang ditargetkan tercapai hingga Agustus mendatang. Di luar sentra vaksinasi yang bekerjasama dengan BPBD Jawa Barat, pihaknya menggelar vaksinasi setiap Senin dan Rabu di masing-masing Puskesmas dengan target harian 2 ribu orang.

"Totalnya 160 ribu per minggu. Kami lakukan di 40 kecamatan," ucapnya.

Dia meyakini peningkatam vaksinasi ini akan berbanding lurus dengan penurunan tingkat kesakitan dan kematian akibat covid-19. Burhanudin pun mengimbau masyarakat agar tetap mematuhi protokol kesehatan mengingat kasus covid-19 yang cukup tinggi.

"BOR rumah sakit di angka 73%. Dari 10 TPU, sudah penuh. Kita buka empat titik lagi pemakaman umum," katanya.

4. Ini daftar 10 kecamatan di Kabupaten Bogor yang gelar sentra vaksinasi

Percepat Herd Immunity, BPBD Jabar-Pemkab Bogor Buat Sentra VaksinasiIDN Times/Istimewa

Dani menyebutkan, sentra vaksinasi akan didirikan di 10 kecamatan di Kabupaten Bogor. Selain sentra vaksin, tiap puskesmas juga akan melakukan vaksinasi massal. Berikut ini daftar 10  kecamatan yang terdapat sentra vaksinasi di Kabupaten Bogor:

1 Ciomas
2 Sukaraja
3 Parung
4 Kemang
5 Cileungsi
6 Gunung Putri
7 Citeureup
8 Tajur Halang
9 Bojong Gede
10 Cibinong

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya