Comscore Tracker

Cari Alat Bukti, KPK Geledah Pendopo dan Kantor Dinas PUPR Kota Banjar

Dikawal aparat kepolisian bersenjata lengkap

Banjar, IDN Times - Tim penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menggeledah rumah dinas Wali Kota Banjar dan Kepala Dinas PUPR, Jumat(10/7/2020). Penggeledahan itu sempat menghebohkan warga Kota Banjar.

Berdasarkan informasi, penggeledahan anggota KPK terhadap rumah dinas wali kota dan kepala dinas PUPR Banjar ini mendapat pengawalan dari anggota kepolisian. Dari pantauan wartawan, tampak terlihat dua mobil kijang inova hitam berplat nomor Jakarta parkir di dalam lingkungan Pendopo sejak pukul 09.00WIB.

Empat orang laki-laki berpakaian rapih dan mengenakan masker itu sempat melaksanakan salat Jum'at di Masjid Agung kota Banjar. Kemudian mereka kembali masuk ke dalam Pendopo, dimana didalamnya merupakan rumah dinas Wali Kota Banjar.

"Semuanya ada enam mobil, tapi yang ke pendopo dua mobil, mereka mengaku dari Jakarta dan menginap dulu di Ciamis," tutur Agus, salah seorang warga setempat kepada IDN Times.

1. Kantor Dinas PUPR Kota Banjar juga digeledah

Cari Alat Bukti, KPK Geledah Pendopo dan Kantor Dinas PUPR Kota Banjaristimewa

Selain di pendopo, beberapa orang yang diduga dari lembaga anti rasuah tersebut juga terlihat  menggeledah Kantor Dinas Pekerjaan Umum Kota Banjar. Mereka juga dijaga dalam pengawalan aparat kepolisian bersenjata. Sejumlah awak media yang hendak meliput juga tidak diizinkan mengambil gambar.

"Jadi bukan hanya di Pendopo, informasinya di tiga tempat, Dinas PU dan perusahaan kontraktor," tutur Agus.

2. Perusahaan Kontraktor juga ikut disambangi

Cari Alat Bukti, KPK Geledah Pendopo dan Kantor Dinas PUPR Kota Banjaristimewa

Sehari sebelumnya,  mereka juga diinformasikan mendatangi salah satu perusahaan kontraktor di jalan Tentara Pelajar Kota Banjar. Dugaan penggeledahan itu juga dijaga ketat aparat bersenjata. Mereka baru meninggalkan kantor kontraktor tersebut pada Kamis malam sekira pukul 20.00 WIB. 

“Ya memang ada mobil Plat B yang masuk kesana, dikawal Polisi juga tapi kurang tahu aktivitasnya apa saja karena gerbangnnya juga ditutup," tutur Agus.

3. Membawa dua koper dari pendopo

Cari Alat Bukti, KPK Geledah Pendopo dan Kantor Dinas PUPR Kota BanjarIstimewa

Rombongan Komisi Pemberasan Korupsi (KPK) terpantau meninggalkan pendopo Walikota Banjar sekitar pukul 15.45 WIB. Mereka membawa dua koper warna orange dan biru serta kardus yang sudah disegel saat keluar dari Pendopo.

Para petugas terlihat keluar dengan buru-buru dan dikawal  polisi bersenjata. Dua koper yang mereka bawa langsung dimasukan kedalam mobil minibus kijang Inova berplat B dan segera meninggalkan pendopo.

4. KPK akui sedang mengumpulkan alat bukti

Melalui keterangan resminya kepada wartawan, KPK menginformasikan pihaknya sedang melakukan penyidikan terkait kasus dugaan tindak pidana korupsi terkait proyek pekerjaan infrastruktur pada Dinas PUPR Kota Banjar tahun 2012 -  2017.

Tim penyidik KPK saat ini sedang melakukan tahap pengumpulan alat bukti, diantaranya memeriksa saksi dan melakukan kegiatan penggeledahan di beberapa tempat di Kota Banjar, termasuk diantaranya di Pendopo Walikota Banjar dan Dinas PUPR Kota Banjar.

Kami saat ini belum dapat menyampaikan detail pihak-pihak yang ditetapkan sebagai tersangka karena sebagaimana telah kami sampaikan bahwa kebijakan Pimpinan KPK terkait ini adalah pengumuman tersangka akan dilakukan saat penangkapan atau penahanan telah dilakukan. Perkembangan berikutnya nanti akan kami sampaikan kepada rekan-rekan semua. Demikian keterangan yang beredar kepada wartawan.

Topic:

  • Nana Suryana
  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya