Tren Mencampur Produk Skincare, Begini Tips & Trik dari Dermatolog

Jangan asal mencampur produk yah

Bandung, IDN Times - Masyarakat saat ini semakin sadar untuk menjaga kesehatan kulit wajah dengan rajin menggunakan skincare (produk kecantikan). Berbagai tren skincare pun semakin berkembang, mulai dari menggunakan serangkaian produk hingga mencampur dua produk untuk hasil yang lebih optimal. 

Saat ini di bidang kecantikan sedang berkembang tren skincare cocktail atau mencampurkan beberapa produk skincare sekaligus menjadi satu. Ternyata hal ini bisa mengoptimalkan kerja skincare, memberikan manfaat lebih pada kulit dan juga tentunya menghemat waktu pemakaian skincare. 

Tetapi dalam mencampur skincare, rupanya tak bisa sembarangan. Ada beberapa kandungan dalam skincare yang tak boleh dicampur karena bahan kimia yang aktif.

1. Ada produk kecantikan yang tidak bisa digabung

Tren Mencampur Produk Skincare, Begini Tips & Trik dari DermatologIlustrasi Skincare (Pria) (IDN Times/Mardya Shakti)

Founder Tanskin, Hendry Tan mengatakan bahwa praktik mencampurkan beberapa produk sudah umum dilakukan oleh banyak orang, termasuk dermatolog. 

“Tapi jangan lupa untuk mencari tahu kandungan dari skincare yang akan kamu gabungkan, karena seperti yang kamu tahu ada beberapa kandungan skincare yang tidak bisa kamu gunakan secara bersamaan,” kata Hendry dalam keterangannya, Jumat (9/6/2023). 

2. Hindari pemakaian lebih dari dua produk campuran dalam sekali pakai

Tren Mencampur Produk Skincare, Begini Tips & Trik dari Dermatologilustrasi dua orang perempuan sedang memakai skincare (pexels.com/cottonbro studio)

Hendry menjelaskan, sebelum mencampurkan beberapa produk skincare, pengguna harus bisa memperhatikan beberapa hal. Misalnya, mengetahui apa saja kandungan dari skincare yang bisa dicampur atau tidak antara satu produk dengan produk lainnya.

Apabila tidak yakin saat mencampur skincare, maka diajurkan untuk bertanya kepada dermatolog.

“Kalau kamu ingin mencampur lebih dari dua produk, lakukan secara bertahap dan hindari langsung mencampurkan semua produk sekaligus pada pemakaian pertama. Demi menghindari terjadinya masalah kulit saat kamu mengapliaksikan skimcare cocktail, kamu bisa memperhatikan urutan aplikasi, contohnya serum ke sleeping mask,” kata dia.

Ia mengungkapkan, tekstur skincare juga harus diperhatikan saat penggunaan skincare, seperti dari serum yang bertekstur cair ke sleeping mask yang cenderung agak tebal. 

3. Jangan lupa bersihkan wajah sebelum gunakan skincare

Tren Mencampur Produk Skincare, Begini Tips & Trik dari DermatologDokumen IDN Times

Hendry juga merekomendasikan produk lokal yang bisa dicampurkan menjadi cocktail. Serum dan sleeping mask dari Glass Skin Series milik brand Tanskin. 

“Kombinasi Glass Skin Serum dan Glass Skin Mask bisa membuat kulit menjadi 3x lebih kenyal, mencerahkan dan mengecilkan pori-pori dalam waktu 14 hari,” tuturnya. 

Glass Skin Serum dan Mask diektrasi menggunakan Enzyme Treatment Technology yang menbuat kedua produk tersebut dapat berfungsi sebagai anti inflamasi, dua kali melindungi skin barrier dan memperbaiki tekstur kulit wajah. 

Mengandung tiga kandungan utama alami, seperti centella asiatica untuk membantu menyembuhkan luka, arugula ekstrak untuk antioksidan, dan dill ekstrak untuk membantu meredakaan peradangan dan kemerahan. 

“Caranya, buka tutup sleeping mask, lalu tekan hingga mengeluarkan gel masknya. Teteskan 2-3 tetes serum di atas sleeping mask, aduk atau campurkan menggunakan jari dan apply ke wajah," kata Hendry.

Dan jangan lupa untuk pastikan wajah sudah bersih ya dan jangan langsung tidur setelah pemakaian karena bisa menempel dibantal.

Baca Juga: 5 Bahan Skincare Terbaik untuk Mencerahkan Kulitmu, Aman! 

Baca Juga: 10 Step Daily Skincare ala Brie Larson, Bikin Kulit Makin Flawless!

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya