Tol Cisumdawu Bisa Dilalui Pemudik Hingga Exit Tol Cimalaka

Akses menuju Kota Sumedang dari Bandung bisa lebih mudah

Bandung, IDN Times - Masyarakat dari kawasan Bandung Raya yang ingin mudik ke arah Cirebon sekarang bisa lebih cepat. Musababnya, akses tol Cisumdawu sudah bisa digunakan. Bahkan pintu keluar tol pun lebih jauh, yaitu di Cimalaka.

"Jalur (tol) Cisumdawu yang sering ditanyakan media. Itu sudah boleh dipergunakan sampai Exit Tol Cimalaka,” kata Ridwan Kamil dalam Apel Gelar Pasukan Ops Ketupat Lodaya 2022 di Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Jumat (22/4/2022).

1. Tidak lama harus bermacet-macetan di Cadas Pangeran

Tol Cisumdawu Bisa Dilalui Pemudik Hingga Exit Tol Cimalakainstagram.com/diditsiadit

Dengan akses tersebut, maka pemudik yang akan menuju ke arah Sumedang dan Majalengka tidak perlu lagi melewati Cadas Pangeran dan bisa memanfaatkan Tol Cisumdawu hingga ke Exit Tol Cimalaka.

“Bisa ulangi lagi kepada yang mudiknya kea rah Sumedang dan Majalengka tidka usah lewat Cadas Pangeran. Bisa lewat Cisumdawu sampai exit di Cimalaka. Itu berita baik di hari ini yang mungkin masyarakat ingin ketahui,” kata dia.

Seperti diketahui, berdasarkan data Satker Jalan Tol Cisumdawu, tol ini terdiri dari beberapa seksi, dan exil Tol Cimalaka masuk ke dalam seksi tiga jaln Tol Cisumdawu. Seksi pertama meliputi Cileunyi – Pamulihan sepanjang 11,40 km, seksi dua Pamulihan – Sumedang 17,050 km, dan seksi tiga Sumedang – Cimalaka 4,05 km, seksi empat Cimalaka – Legok, seksi lima Legok – Ujungjaya, dan seksi enam Ujung Jaya – Dawuan.

2. Pemberlakulan one way dari Tol Jabek ke arah Jawa Tengah

Tol Cisumdawu Bisa Dilalui Pemudik Hingga Exit Tol CimalakaIlustrasi Tol Layang Japek (ANTARA FOTO/Risky Andrianto/wsj.)

Sementara itu, Kementerian Perhubungan bakal memberlakukan one way atau satu arah di jalan tol dari Jakarta menuju arah timur pulau Jawa. Pemberlakuan ini rencananya dimulai pada 28 hingga 30 April 2022.

Hal itu membuat masyarakat dari arah timur yang ingin menuju ke arah barat pulau Jawa diimbau menggunkana jalur arteri. Misalnya, masyarakat Bandung yang akan bepergian ke Karawang atau Jakarta maka harus memakai jalan biasa, atau non-tol.

"Karena akan ada one way maka warga yang dari Bandung dan sekitarnya kalau mau ke Jakarta ini harus pakai jalur arteri," ujar Emil.

3. Warga Bandung hendak ke Jakarta hanya bisa pakai tol sampai Purwakarta

Tol Cisumdawu Bisa Dilalui Pemudik Hingga Exit Tol CimalakaTol Cipularang (IDN Times/Bagus F)

Sementara itu Kapolda Jabar Irjen Suntana mengatakan, terkait one way yang akan diberlakukan di jalan tol, warga Bandung yang hendak ke Jakarta nantinya bisa menggunakan akses tol sampai ke Purwakarta. Dari sana kendaraan bakal dialihkan untuk kemudian melanjutkan perjalanan memakai jalur arteri.

"One way kemungkinan mulai berlaku dari tanggal 27 April, sore hari, ke arah timur. Sehingga kendaraan dari Bandung harus pakai jalur arteri," ujarnya.

Dia memastikan fasilitas penunjang di jalur arteri sudah memadai seperti penerangan jalan, pos pelayanan, tempat rekreasi, dan lainnya," ungkap Suntana. 

Baca Juga: One Way di Jalan Tol, Warga Bandung Mau ke Jakarta Pakai Jalur Arteri

Baca Juga: One Way Arus Mudik, Transaksi di Palimanan Dihapus

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya