Jokowi Cari Menteri Muda, Ridwan Kamil Tidak Tertarik Jabatan Itu

Emil ingin fokus bekerja untuk masyarakat Jawa Barat

Bandung, IDN Times - Presiden Joko Widodo disebut tengah mencari sosok anak muda yang memiliki visi dan misi baik untuk masuk dalam jajaran kabinet lima tahun mendatang. Nama Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, sempat digadang-gadang cocok masuk dalam jajaran menteri Joko Widodo (Jokowi).

Menanggapi hal ini, Ridwan Kamil memastikan tidak tertarik untuk duduk sebagai menteri Jokowi-Ma'ruf Amin. Terpilih sebagai gubernur yang baru menjalankan roda pemerintahan selama satu tahun, Emil, sapaan akrabnya, lebih memilih fokus mengurusi masyarakat Jawa Barat untuk saat ini.

"Enggak (minat). Saya ini harus membuktikan dulu sebagai pemimpin Jabar kan baru mulai baru setahun. Saya lagi semangat. Jadi saya fokus di Jabar," ujar Ridwan Kamil yang akrab disapa Emil kepada wartawan di Gedung Pakuan, Senin (12/8).

1. Menteri memang harus dari kalangan anak muda

Jokowi Cari Menteri Muda, Ridwan Kamil Tidak Tertarik Jabatan ItuTwitter/@KSPgoid

Dibalik penolakan tersebut, Emil mendukung keinginan Jokowi mengakomodir menteri muda dalam periode keduanya. Keberadaan menteri muda diharapkan bisa memberikan warna baru dalam percepatan pembangunan di Indonesia.

Kalau hasil akhir bisa dipercepat dengan menteri yang usia muda karena mobilitasnya lebih giat lebih gesit saya kira saya dukung. Kedewasaan tidak diukur dari umur," paparnya.

Dia pun mencontohkan keberadaan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Malaysia, Syed Saddiq, yang baru berusia 26 tahun. Dengan keberadaan para pemuda maka regenerasi pemimpin bangsa di masa mendatang bisa lebih mudah..

2. Muda yang dimaksud adalah muda dalam bekerja dan bersikap

Jokowi Cari Menteri Muda, Ridwan Kamil Tidak Tertarik Jabatan Itu

Sementara itu, Wakil Sekretaris Jenderal PDIP Eriko Sotarduga menjelaskan bahwa muda yang dimaksud Jokowi yakni anak muda yang memiliki kapasitas dan kapabilitas. Selain itu, harus siap siaga 24 jam karena akan berada di posisi yang strategis.

"Memang harus orang muda, artinya apa? Muda dalam bersikap, muda dalam bekerja, orang muda bekerja itu gimana? Seperti rekan-rekan wartawan kan sigap, sigap siap untuk kerja 24 jam, untuk 365 hari dalam setahun," kata Eriko di Kantor DPP PDIP beberapa waktu lalu.

3. Muda tak harus terpaku pada usia di bawah 30

Jokowi Cari Menteri Muda, Ridwan Kamil Tidak Tertarik Jabatan ItuIDN Times/Rangga Erfizal

Menurut Eriko, penjelasan muda sendiri bukan harus terpaku pada usia. Bahkan, ia menyampaikan, usia 60 hingga 70 tahun saja masih bisa dikategorikan muda.

"Menurut WHO (World Health Organization) umur 60 masih dikategorikan muda, 60-70 Dewasa, 70 ke atas baru disebut lanjut usia, jadi dalam hal ini kita jangan mendeskripsikan bahwa yang muda itu harus berusia di bawah 30," ucap dia.

Baca Juga: Ridwan Kamil Sebut PNS Sangat Memungkinkan Kerja dari Rumah

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya