Comscore Tracker

Jangan Terlewatkan, Ada 167 Festival Digelar di Jabar Tahun Ini

Kalian sudah menyiapkan diri untuk datang ke setiap acara?

Bandung, IDN Times - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat akan menjadikan 2020 sebagai momentum untuk menggenjot sektor pariwisata guna menunjang perekonomian daerah. Berbagai acara pun dipersiapkan guna menarik sebanyak mungkin wisatawan berkunjung ke Tanah Pasundan.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan, festival wisata yang digelar oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jabar jumlahnya ribuan. Mulai dari festival berskala kecil yang digelar di kampung hingga skala besar yang diadakan setiap kabupaten/kota.

"Tapi sekarang kita klasifikasi ada 167 festival unggulan untuk penguatan ekonomi di Jabar," ujar Ridwan Kamil usai membuka Peluncuran West Java Calendar Event and Festival 2020 di Kota Bandung, Rabu (22/1).

1. Konsep festival di tiap daerah beragam

Jangan Terlewatkan, Ada 167 Festival Digelar di Jabar Tahun Iniunsplash.com/Winston Chen

Emil menjelaskan, 167 festival yang diselenggarakan di 27 kabupaten/kota memiliki muatan bervariasi seperti olahraga, tradisi, religi, hingga musik. Setiap daerah akan mempunyai ciri khasnya tersendiri yang bisa menarik minat wisatawan untuk berkunjung.

Dari sisi nominal perputaran uang, jumlahnya tidak akan sedikit. Bahkan dalam satu tahun ke depan ditaksir perputarannya lebih dari satu triliun rupiah.

"Ini kontribusi ini nilainya saya coba hitung tapi triliunan datang dari perputaran itu," katanya.

2. Ada lima festival unggulan yang didukung pemerintah pusat

Jangan Terlewatkan, Ada 167 Festival Digelar di Jabar Tahun Inidok.IDN Times

Menurutnya, dari seluruh festival wisata yang akan digelar tahun ini ada lima festival yang akan menjadi unggulan. Disebut unggulan karena dalam pengerjaannya ada bantuan dari pemerintah pusat secara langsung demi menyukseskan kegiatan tersebut.

Kelima agenda itu adalah Festival Asia Afrika di Kota Bandung, Festival Cap Go Meh di Bogor, Festival Keraton di Cirebon, Festival Jatigede di Sumedang, dan Acara Kebudayaan Priangan di Garut.

Terkait jumlah kunjungan, menurut Emil, sebanyak 60 juta wisatawan yang berkunjungi di Provinsi Jabar selama tahun 2019. Angka tersebut, melebihi target kunjungan wisatawan yang ditetapkan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jabar yakni 45 juta wisatawan.

"Sepanjang tahun 2019 kemarin Jawa Barat memiliki prestasi di bidang pariwisata yang luar biasa. Dari target wisatawan 49 juta yang datang itu 60 juta. Artinya orang yg datang untuk berbahagia dan bergembira di Jawa Barat itu melebihi target yakni 11 juta orang," paparnya.

3. Inovasi terus dilakukan

Jangan Terlewatkan, Ada 167 Festival Digelar di Jabar Tahun IniIDN Times/Debbie Sutrisno

Emil mengatakan hingga saat ini Pemprov Jabar melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jabar terus melakukan inovasi agar orang semakin tertarik untuk berwisata menikmati pemandangan alam mulai dari pantai hingga pegununganan ke provinsi yang dipimpinnya.

"Dan ada juga yang datang (ke Jabar) untuk berkegiatan wisata buatan dan ada juga yang datang karena festival," katanya.

Baca Juga: 10 Festival Cahaya Terbaik di Dunia, Bikin Takjub!

Baca Juga: 10 Foto Keren Festival Es Terbesar di Dunia, Indah bak Negeri Dongeng

Topic:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya