Bandung Creative Hub vs Laswee Creative Space, Mana Paling Menarik?

Dua tempat ini berdekatan mirip minimarket

Bandung, IDN Times - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil kemarin baru saja meresmikan Laswee Creative Space di Kota Bandung. Tempat ini memanfaatkan aset milik Pemprov Jabar yang selama ini menganggur.

Namun, ada sorotan dari masyarakat ihwal pembangunan tempat tersebut. Sebab, tak sampai 100 meter, terdapat Bandung Creative Hub yang peruntukannya mirip dengan Laswee Creative Space.

Ketika ditanya mengenai tempat kreatif yang berada bersampingan, Emil tidak mau mengambil pusing. Dia menyebut bahwa pembangunan Laswee Creative Space berjalan begitu saja.

"Saya tidak mengatur perjodohannya. yang penting siapa tertarik mengelola menghubungi pemerintah kabupatan kota untuk mengembangkan ekonomi baik mau jadi pasar atau kreatif center ini tidak didikte oleh pemerintah provinsi," ujar Emil, Selasa (23/11/2021).

1. BCH punya fasilitas mumpuni sebagai ruang kreasi anak Bandung

Bandung Creative Hub vs Laswee Creative Space, Mana Paling Menarik?IDN Times/Istimewa

Dikutip dari laman bch.my.id, Bandung Creative Hub adalah wadah perkumpulan komunitas kreatif kota Bandung yang didirikan oleh Ridwan Kamil saat menjabat Wali Kota Bandung dan Wakil Wali Kota Bandung Oded M. Danial pada tanggal 28 Desember 2017 dengan tujuan menyediakan 16 subsektor ekonomi kreatif.

Bandung Creative Hub termasuk salah satu implementasi Bandung Smart City dari Smart Community. Bandung Creative Hub memberikan fasilitas agar komunitas kreatif berkembang, beredukasi, dan memajukan sektor industri kreatif kota Bandung.

Bangunan ini menyediakan sarana dan fasilitas lengkap agar perkumpulan komunitas kreatif yang ada di Kota Bandung berkembang dapat menggerakkan dan memajukan industri kreatif di Indonesia. Mulai dari studio musik, ruang kelas, hingga ruang diskusi yang tertutup hadir di sini.

2. Laswee Creative Space punya desain tempat berkreasi yang lebih terbuka

Bandung Creative Hub vs Laswee Creative Space, Mana Paling Menarik?IDN Times/Debbie Sutrisno

Tempat ini sekarang menjadi daya tarik baru Kota Bandung. Komunitas bisa memanfaatkan fasilitas di dalam dan luar untuk kegiatan rutin. Berada di lokasi strategis Laswee Creative Space dapat menampung 300 pengunjung dalam setiap event dengan kondisi tanpa pandemik.

Sedikit berbeda dengan BCH, ruangan di Laswee Creative Space masih sedikit. Bahkan ruang terbuka di tempat ini lebih banyak. Sehingga pengunjung yang datang bisa menikmati suasana bersantai di luar ruangan.

Laswee juga menyediakan pilihan retail space yang dapat diaplikasikan sesuai dengan kebutuhan para tenant. Ruang tersebut dapat difungsikan sebagai toko, display, area kuliner, kedai kopi, studio, kantor, atau kebutuhan lain sesuai tematik.

Laswee sendiri dikembangkan oleh PT Olah Kelola Ruang yang diresmikan secara sah melalui akta pada 08 Maret 2021. 

Dibalik perusahaan ini ada tujuh orang yang memiliki jabatan berbeda-beda. Mereka juga memiliki bagian saham yang merata. Deddy Wahjudi, tercatat sebagai Direktur Utama, Nelly Lolita Daniel sebagai Komisaris, Dipayana Hilman sebagai Direktur Utama, Dina Dellyana sebagai Direktur, Mody Afandi Direktur, Ridwan Arief Direktur, Bhakti Maulana Akhiruddin Direktur.

3. Tempat kreatif seperti ini seharusnya dibangun berjauhan

Bandung Creative Hub vs Laswee Creative Space, Mana Paling Menarik?IDN Times/Debbie Sutrisno

Zilkahiril, saah satu millennial Kota Bandung merasa janggal dengan keberadanaan dua tempat kreatif yang berdampingan tersebut. Menurutnya, keberadaan tempat seperti ini seharusnya tidak berdekatan karena nantinya punya pasar yang sama.

"Harusnya sih berjauhan yah. Misal, satu ada di Jalan Laswi, satu lagi di Bandung daerah mana. Jadi ada pemerataan ruang untuk anak muda berkreaasi lah," ujar dia.

Hal senada disampaikan Putri. Menurutnya, meski dua tempat ini memiliki perbedaan fasilitas, tapi orang tahu bahwa BCH dan Laswee sama-sama tempat anak muda untuk berkreasi. Semestinya, tempat seperti ini dibangun berjarak.

"Misalnya satu ada di Bandung Timur atau satu di Bandung Barat. Jadi anak muda tidak harus jauh mencari fasilitas ketika ingin berkreasi," paparnya.

Baca Juga: Laswee Creative Space, Tempat Nongkrong Terbaru Anak Muda Bandung

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya