Jadi Pj Bupati Bandung Barat, Ini Tugas Khusus untuk Ade Zakir

Ade Zakir gantikan posisi Arsan Latif

Bandung Barat, IDN Times - Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bandung Barat (KBB) Ade Zakir Hasim resmi mengemban tugas sebagai Penjabat (Pj) Bupati Bandung Barat. Dia menjelaskan bahwa sudah diberi tugas khusus oleh Pj Gubernur Jawa Barat usai pelantikan.

Ade Zakir menggantikan posisi Arsan Latif yang diberhentikan dari tugasnya sebagai Pj Bupati Bandung Barat usai terjerat kasus dugaan korupsi proyek Pasar Cigasong, Kabupaten Majalengka. Ade dilantik berdasarkan Surat Direktur Jenderal Otonomi Daerah Kementrian Dalam Negeri bernomor : 100.2.1.3/4513/OTDA tertanggal 14 Juni 2024.

"Itu amanat dari pak Pj Gubernur Jawa Barat waktu pelantikan, tentu harus kami tindaklanjuti. Ada penekanan khusus dari beliau kepada saya terkait dengan perundungan, khususnya, dan pengelolaan sampah," kata Ade Zakir, Senin (17/6/2024).

1. Ade Diberikan tugas tuntaskan masalah sampah

Jadi Pj Bupati Bandung Barat, Ini Tugas Khusus untuk Ade ZakirPenjabat (Pj.) Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin (dok.Pemprov Jawa Barat)

Selain terkait bullying yang belakangan kasusnya ramai diperbincangkan di Bandung Barat, Ade Zakir juga mengaku diberikan tugas terkait pengelolaan sampah. Untuk itu, dia mengatakan sudah melakukan diskusi dengan pihak-pihak terkait.

Hasilnya, memang harus diupayakan penyelesaian sampah dari masing pemerintahan yang ada di Bandung Raya.

"Di samping itu juga, kuota sampah di kami, yakni di TPPAS Sarimukti juga sudah terbatas. Itu juga memang harus diupayakan dengan langkah-langkah," ujar dia.

Ade mengaku sempat berkoordinasi dan mendapat arahan dari Sekda Provinsi Jawa Barat agar lebih gencar menyosialisasikan kepada masyarakat tentang pengelolaan sampah di hulu.

"Untuk strategi khususnya nanti kami diskusikan dengan DLH karena ini akan terintegrasi dengan gerakan Citarum Harum," ucapnya.

2. Ade Zakir diminta fokus ke pelayanan

Jadi Pj Bupati Bandung Barat, Ini Tugas Khusus untuk Ade ZakirPj Bupati Bandung Barat Arsan Latif. (Istimewa)

Secara keseluruhan, lanjut Ade Zakir, Pj Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin memberikan pesan terkait pelayanan. Dia mengataka bakal menekankan bakal menambah alokasi anggaran baik untuk persoalan sampah ini.

"Karena itu memang sifatnya pelayanan, memang harus kami lakukan, tentu ada penekanan. Kami dengan Bappeda juga sudah berdiskusi, khusus untuk tahun depan kami alokasikan lebih," katanya.

3. Pesan dari Bey untuk Ade Zakir

Jadi Pj Bupati Bandung Barat, Ini Tugas Khusus untuk Ade ZakirPenjabat Gubernur Jawa Barat (Jabar) Bey Machmudin resmi meluncurkan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat Tahun 2024 di Sasana Budaya Ganesha Bandung, Senin (27/5/2024) malam. (dok. Humas Pemdaprov Jabar)

Ade mengatakan bahwa ia sudah memiliki rencana penanganan sampah di Bandung Barat ini, dan akan segera dicantumkan pada Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD).

"Mudah-mudahan bisa terintegrasi semua, karena yang ada masalah di Citarum ini bukan berarti tidak ada hubungannya dengan Lembang atau daerah yang lain. Nantinya ini akan jadi satu," ucapnya.

Sebelumnya, Pj Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin memberi beberapa pesan kepada Pj Bupati Bandung Barat yang baru agar mengutamakan kepentingan masyarakat dalam mengambil kebijakan di Kabupaten Bandung Barat. Menurutnya hal itu harus dipegang teguh.

"Ingat tugas utama kita melayani masyarakat dengan sebaik-baiknya, prioritaskan penyelesaian masalah dan fokus pada program yang berdampak langsung pada masyarakat. Terjun langsung dan dengar langsung aspirasi mereka," kata Bey.

Baca Juga: Perundungan Berujung Kematian di KBB, Keluarga Korban Lapor Polisi

Baca Juga: Demi Pilkada KBB, Kader Golkar Siap Mundur Sebagai Anggota DPRD Jabar

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya