Trofi Piala Dunia U-20 Pupus Dipamerkan di Gedung Sate

Rangkaian kegiatan yang dibuat Pemprov Jabar batal digelar

Bandung, IDN Times - Keputusan FIFA membatalkan perhelatan Piala Dunia U-20 di Indonesia berdampak ke Pemprov Jabar. Bagaimana tidak, stadion utama pertandingan dan dua venue latihan tim ada di wilayah Jabar.

Pemprov Jabar juga terlibat dalam mempersiapkan beberapa rangkaian Piala Dunia U-20. Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Jawa Barat Asep Sukmana mengatakan, ada beberapa rencana yang sangat sayang tidak bisa dilaksanakan pada April mendatang.

"Tadinya pada tanggal 9 April 2023 itu mau Thropy Experience. Jadi Piala Dunia itu akan dipamerkan di kita, rencananya. Kita mau ada keramaian tanggal 9 April 2023, di mana kami sudah mempersiapkan itu," ujar Asep saat dihubungi, Kamis (30/3/2023).

1. Event sudah dipersiapkan jauh-jauh hari

Trofi Piala Dunia U-20 Pupus Dipamerkan di Gedung SateSuasana Gedung Sate, Bandung, Jawa Barat (IDN Times/Debbie Sutrisno)

Dengan adanya keputusan terbaru dari FIFA, Asep mengungkapkan, beberapa rencana dan agenda yang sudah dipersiapkan bakal gagal digelar. Sehingga, Trophy Experience yang tadinya akan menjadi momentum penting justru gagal digelar.

"Sudah siapkan event, sudah bekerja sama dengan Disparbud, Kabupaten Sumedang, Kabupaten Bandung, dan Kota Bandung," ucapnya.

2. Ada rencana Piala Dunia disimpen di Gedung Sate

Trofi Piala Dunia U-20 Pupus Dipamerkan di Gedung Sateilustrasi piala (IDN Times/Aditya Pratama)

Selain itu, trofi Piala Dunia U-20 sendiri nantinya akan disimpan di Gedung Sate. Pemprov Jabar rencananya bakal digelar acara meriah bertema Piala Dunia.

Hal ini dilakukan agar suasana pesta sepak bola dunia ini semakin meriah.

"Disimpan di Gedung Sate tapi di sana ada tampilan kesenian, bazar yang melibatkan UMKM. Itu hasil rapatnya," katanya.

3. Banyak event yang sudah disiapkan Pemprov Jabar

Trofi Piala Dunia U-20 Pupus Dipamerkan di Gedung Satedreamstime

Rangkaian event sebelum kick off Piala Dunia U-20 pada 20 Mei hingga 11 Juni 2023 juga turut disiapkan Pemprov Jabar. Namun, semua rencana ini bakal sulit direalisasikan karena keputusan terbaru dari FIFA.

"Kemudian, kami itu diminta sampai tanggal 30 April 2023 untuk terus mengadakan event setiap pekannya. Kami sudah siapkan seperti juggling 5 ribu orang, tari kolosal di Kabupaten Sumedang, Kota Bandung juga ada beberapa turnamen usia dini untuk memeriahkan Piala Dunia U-20," kata dia.

Untuk diketahui, FIFA resmi mencabut status Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2023 pada Rabu (29/3/2023) malam WIB.

"FIFA sudah memutuskan, setelah Presiden Gianni Infantino berdiskusi dengan Ketua Umum PSSI Erick Thohir, untuk membatalkan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2023," tulis pernyataan FIFA.

Baca Juga: FIFA Coret Indonesia, Eri: Wis Gak Usah Ngomong Piala Dunia

Baca Juga: Plt Menpora soal Sanksi FIFA: Syukur-Syukur Malah Ada Bonus

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya