Ridwan Kamil-Anies Baswedan Kompak Bahas Digitalisasi di KTT Y20

KTT Y20 akan diselenggarakan di DKI Jakarta dan Jabar

Bandung, IDN Times - Gubernur Jabar Ridwan Kamil alias Emil bersama Gubernur DKI Jakarta Anis Baswedan sepakat memberikan dukungan penuh untuk penyelenggaraan Konfrensi Tingkat Tinggi (KTT) Youth 20 (Y20). Gelaran internasional ini akan dilakukan di Jabar dan DKI Jakarta pada Juli 2022.

Gubernur Jabar, Ridwan Kamil mengatakan bahwa KTT Y20 harus menjadi platform masa depan masyarakat muda Indonesia. Sebab, dari acara itu nantinya menghasilkan usulan kebijakan dari kalangan anak muda.

Adapun beberapa persolaan yang sudah disepakati dan akan disampaikan pada KTT Y20 ada empat hal. Salah satunya tentang disrupsi.

"Hidup kita sekarang pinjam barang generasi muda dan ini barang dikembalikan harus lebih baik, jadi kita harus wariskan masa depan damai dan masa depan dalam empat aspek yang sudah disepakati," ujar Emil, Sabtu (2/7/2022).

1. Ekonomi digital sangat penting dibahas untuk masa depan

Ridwan Kamil-Anies Baswedan Kompak Bahas Digitalisasi di KTT Y20Ridwan Kamil

Sebanyak empat aspek yang sudah disetujui ini merupakan hasil panjang pembahasan anak muda dari beberapa daerah di Indonesia. Kata Emil, paling penting saat ini adalah pembahasan soal digitalisasi.

"Siapa sih sekarang anak muda yang tidak dalam ekonomi digital? Para pemuda sangat berperan dan ini harus berkeseimbangan. Ekonomi keberagaman penting, tidak ada satu pun dunia ini tertinggal dengan inklusivitas," ungkapnya.

2. Pemprov Jabar sudah siapkan anggaran untuk kegiatan ini

Ridwan Kamil-Anies Baswedan Kompak Bahas Digitalisasi di KTT Y20Ridwan Kamil. (ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi)

Emil menambahkan bahwa sebagai gubernur, ia sudah memberikan banyak dukungan termasuk fasilitas dan beberapa kebutuhan lainnya untuk kegiatan KTT Y20. Adapun anggaran untuk penyelenggaraan ini juga telah disiapkan.

"Kita sediakan anggaran miliaran dan Gedung Merdeka tempat Konferensi Asia Afrika juga kita siapkan. Ini simbol sejarah kita suarakan gerakan global tentunya, spirit Gedung Merdeka bisa jadi semangat," katanya.

3. Pemprov DKI Jakarta sampaikan apresiasi panitia Y20

Ridwan Kamil-Anies Baswedan Kompak Bahas Digitalisasi di KTT Y20Tangkap Layar (IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Sedangkan, Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mengatakan bahwa dirinya mengapresiasi penuh penyelenggara Y20. Menurutnya, persiapan dari panitia sangat luar biasa dan langkah itu diharapkan jadi role model untuk generasi Indonesia saat ini.

"Saya ingin sampaikan dukungan Pemprov DKI Jakarta di KTT Y20, teman nantinya bisa menghasilkan komunike yang ujungnya menjadi produk sebuah dokumen," ujar Anis.

4. Pemprov DKI Jakarta siap mendukung penuh

Ridwan Kamil-Anies Baswedan Kompak Bahas Digitalisasi di KTT Y20https://m.ayosemarang.com/read/2020/08/05/61500/anies-didesak-keluarkan-kebijakan-rem-darurat-ini-alasannya

Dalam empat bahasan yang akan dibawakan dalam KTT Y20, Anies juga sepakat dengan salah satu pembahasannya yang menyinggung soal transformasi digital. Menurutnya, hal itu sangat penting untuk kedepannya.

"Jadi ada pembahasan baik dan tentang planet layak huni juga, lalu masalah masa depan pekerjaan bagaiman pemimpin Y20 mengakomidasi ini. Kami berharap bahyak dan kami siap mendukung," kata dia.

Baca Juga: Bahas Keberagaman-Inklusi, Pra-KTT ke-4 Y20 di Manokwari Resmi Dibuka

Baca Juga: Pra-KTT Y20 2022: Selamatkan Bumi dengan Ekonomi Sirkular

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya