Raffi Ahmad Berpotensi Menang Jika Nyalon Pilwalkot Bandung 2024

Catatannya, maukah Raffi Ahmad jadi wakil wali kota

Bandung, IDN Times - Artis sekaligus pengusaha Raffi Ahmad berpotensi memenangkan Pemilihan Wali Kota (Pilwalkot) Bandung 2024. Pemilik klub sepakbola RANS Cilegon FC itu bisa menang jika menjadi Wakil Wali Kota Bandung.

Firman Manan, Direktur Eksekutif Indonesian Politics Research and Consulting (IPRC) mengatakan, jika Raffi Ahmad maju pada Pilwalkot Bandung 2024 kapasitasnya akan sangat membantu sebagai wakil dibandingkan dengan Wali Kota Bandung.

"Kalau kita lihat data, ya, (artis) itu banyak juga yang tidak berhasil jadi wali kota. Yang berhasil itu biasanya hanya pada level menjadi wakil. Ada nama Kang Dede Yusuf, Kang Dedi Mizwar, Hengky Kurniawan, hingga Syahrul Gunawan. Tapi, kalau untuk posisis pertama itu malah banyak yang gugur," ujar Firman, Sabtu (5/3/2022).

1. Jika maju jadi wali kota besar kemungkinan akan kalah

Raffi Ahmad Berpotensi Menang Jika Nyalon Pilwalkot Bandung 2024Instagram.com/raffinagita1717

Firman menjelaskan, kalangan artis yang menjadi wali kota sangat kecil untuk potensi kemenangannya. Menurutnya, dalam beberapa kasus, banyak artis yang justru menang ketika memilih jadi wakil wali kota.

"Dulu ada Nurul Arifin, ada Kang Dedi Mizwar maju menjadi Gubernur, Kang Dede Yusuf maju Gubernur, mereka gagal. Karena problemnya saya lihat, ada juga semacam persepsi publik bahwa ada problem untuk figur-figur yang berlatar belakang artis itu dalam konteks kompetensi," ungkapnya.

2. Raffi Ahmad harus gerak cepat sedini mungkin

Raffi Ahmad Berpotensi Menang Jika Nyalon Pilwalkot Bandung 2024Instagram.com/raffinagita1717

Warga Bandung tidak akan melihat Raffi Ahmad dalam konteks wali kota. Firman bilang, Raffi sendiri hingga saat ini belum memiliki rekam jejak pengalaman di dalam bidang politik maupun pemerintahan.

Wakil wali kota dalam konteks politik dapat memperluas basis massa. Raffi, kata dia, saat ini juga memiliki logistik yang cukup gemuk untuk mencoba maju dalam dunia politik.

"Ada potensi tapi tidak sangat besar potensinya dan perlu waktu juga lalu perlu mempersiapkan diri betul-betul dengan faktor tadi yang justru bisa menjadi penghambat terlebih kalau memang dia mau maju di Pilwalkot Bandung 2024," ucapnya.

3. Pemilih banyak tertarik sosok local hero

Raffi Ahmad Berpotensi Menang Jika Nyalon Pilwalkot Bandung 2024Instagram

Kemudian, jika hendak maju ke Pilwalkot Bandung 2024, Firman menyarankan Raffi harus kembali ke Kota Bandung dan banyak menggaet hati masyarakat dengan berbagai langkah entertainment atau strategi lainnya.

"Saya mengamati, semakin lokal pemilihan, pemilih itu semakin mencari orang yang punya ikatan, yaitu salah satunya track record, punya aktivitas di daerah pemilihannya," katanya.

4. Peluang kemenangan besar jika jadi wakil

Raffi Ahmad Berpotensi Menang Jika Nyalon Pilwalkot Bandung 2024

Setelah itu, Firman memprediksi, Pilwalkot Bandung 2024 akan diramaikan oleh sejumlah artis. Sebab, pola menambah suara dengan menggandeng artis sangat ampuh dan sering kali sukses untuk memenangi pilkada di Jabar.

"Artis punya kelebihan dalam hal popularitas, tapi kalau saya melihat, kalau pun iya, kelihatannya peluangnya lebih besar kalau menjadi wakil. Karena ada faktor lain yang berbicara, misalnya tetap saja pengusung utama adalah partai politik," kata dia.

Baca Juga: Eksklusif! Raffi Ahmad Blak-Blakan Soal Bisnis dan Plan 2022

Baca Juga: Beri Hadiah Mobil, 10 Kedekatan Raffi Ahmad dan Asistennya Sensen

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya