Kemenag Jabar: Persiapan Keberangkatan Haji 2023 Sudah 90 Persen

Pemberangkatan haji asal Jabar dilakukan di dua embarkasi

Bandung, IDN Times - Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Jawa Barat (Jabar) memastikan persiapan pemberangkatan jemaah haji dari embarkasi Bekasi dan Indramayu sudah 90 persen. Jemaah siap diberangkatkan pada 23 Mei 2023.

Kepala Kanwil Kemenag Jabar, Ajam Mustajam mengatakan, seluruh proses persiapan pemberangkatan jemaah haji sudah dilakukan sejak awal Maret 2023. Mulai dari penentuan kuota hingga persiapan embarkasi. Adapun saat ini proses sudah matang.

"Persiapan Haji jabar alhamdulillah pendataan sudah selesai 100 persen. Sekarang kami untuk pelatihan calon petugas haji yang akan dilaksanakan 28 Maret 2023," ujar Ajam saat dikonfirmasi, Selasa (21/3/2023). 

1. Pelatihan TPHI dan TPHD segera dilakukan

Kemenag Jabar: Persiapan Keberangkatan Haji 2023 Sudah 90 PersenIlustrasi jemaah haji. (ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho)

Dengan sudah selesainya pendataan, Ajam mengungkapkan, calon petugas haji sendiri terbagi menjadi beberapa tim, seperti petugas Tim Pembimbing Haji Indonesia (TPHI) serta Tim Pendamping Haji Daerah (TPHD).

"Pelatihan terintegrasi gabungan petugas TPHI kemudian kesehatan dan juga TPHD kurang lebih jumlahnya 800 petugas dari Jawa Barat. Akan dilatih tanggal 28 Maret ini di asrama haji Bekasi.

2. Embarkasi haji Indramayu belum bisa 100 persen terisi

Kemenag Jabar: Persiapan Keberangkatan Haji 2023 Sudah 90 PersenIlustrasi. Jemaah haji di Jembatan Jamarat, Mina, Arab Saudi (IDN Times/Umi Kalsum)

Ajam memastikan, pemberangkatan haji jemaah asal Jabar dibagi menjadi dua, ada dari embarkasi Bekasi dan Indramayu. Artinya, beberapa kloter jemaah haji dari Indramayu akan berangkat melalui Bandar Udara Kertajati. Sedangkan, untuk yang di Bekasi melalui Bandar Udara Soekarno-Hatta.

"Embarkasi Indramayu tahun ini belum bisa menampung total 100 persen karena masih dalam tahap pembangunan dan insyaallah akan tetap dilaksanakan di Indramayu. Jadi ada dua," ungkapnya.

3. Kemenag pastikan persiapan sudah 90 persen

Kemenag Jabar: Persiapan Keberangkatan Haji 2023 Sudah 90 Persenilustrasi haji (IDN Times/Aditya Pratama)

Untuk di Indramayu, Ajam menambahkan, jemaah haji yang akan berangkat ada sebanyak 8.000 orang yang masuk dalam 20 kloter. Semua jemaah haji yang berangkat dari embarkasi Indramayu dikhususkan untuk warga Ciayumajakuning, ditambah Sumedang dan Subang.

Dengan semua persiapan ini, Ajam memastikan, persiapan jemaah haji asal Jabar di dua embarkasi ini sudah matang.

"Secara keseluruhan persiapan pemberangkatan haji sudah 90 persen," ujar Ajam saat dikonfirmasi, Selasa (21/3/2023).

Baca Juga: Kemenag Jabar Pastikan Asrama Haji Indramayu Bisa Dipakai Tahun Depan

Baca Juga: RS Bhayangkara Indramayu Banyak Rawat Pasien HIV/AIDS

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya