Ikuti Festival Internasional, Tim Angklung Jabar Berangkat ke Amerika

Pemprov Jabar turut bangga angklung bisa mendunia

Bandung, IDN Times - Sebanyak 36 anggota Tim Muhibah Angklung asal Jabar berangkat ke Amerika Serikat. Mereka akan mengikuti dua Festival Internasional di negara Paman Sam itu.

Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekretariat Daerah Pemprov Jabar, Dewi Sartika mengatakan bahwa dirinya sangat mengapresisasi keberangkatan Tim Muhibah Angklung ke Amerika Serikat yang akan dilakukan selama 32 hari dan mengelilingi 7 kota di Amerika Serikat.

"Mereka akan perform. Saya tadi juga sudah melihat semangat yang luar biasa, ikut bangga, dan mengucapkan apresiasi yang luar biasa kepada seluruh peserta, keluarga, dan juga panitia yang telah bisa menghadirkan perform budaya Jawa Barat di dunia internasional," ujar Dewi melalui keterangan resminya, Senin (4/7/2022).

1. Berharap kegiatan itu menjadi ajang promosi wisatawan asing ke Jabar

Ikuti Festival Internasional, Tim Angklung Jabar Berangkat ke AmerikaBenny Bachtiar (Istimewa)

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jabar, Benny Bachtiar mengatakan, kegiatan itu diharapkan dapat menjadi sarana promosi budaya Jabar agar lebih dikenal oleh masyarakat Amerika Serikat sehingga mereka tertarik untuk berkunjung ke Indonesia.

"Mudah-mudahan di dalam kegiatan ini memberikan semacam media promosi, juga agar masyarakat Amerika mau berkunjung ke Indonesia khususnya Jawa Barat," ujar Benny.

2. Sebelumnya tim angklung asal Jabar sempat manggung di Bulgaria

Ikuti Festival Internasional, Tim Angklung Jabar Berangkat ke AmerikaIlustrasi Pembuatan Alat Musik Tradisional asal Jawa Barat, Angklung (ANTARA FOTO/Adeng Bustomi)

Ketua Tim Muhibah Angklung, Maulana M. Syuhada menjelaskan, persiapan telah dilakukan selama hampir 2,5 tahun dan akhirnya dapat berangkat ke Amerika Serikat untuk melakukan misi budaya. Adapun sebelumnya hal serupa juga sudah pernah dilakukan.

"Kami kembali setelah tahun 2018 lalu memenangkan Grand Prix di 13 tahun International Youth Festival-Contest of Arts “MUZITE” di Sozopol, Bulgaria," katanya.

3. Berbagai macam festival akan diikuti tim angklung asal Jabar ini

Ikuti Festival Internasional, Tim Angklung Jabar Berangkat ke AmerikaIlustrasi Pembuatan Alat Musik Tradisional asal Jawa Barat, Angklung (ANTARA FOTO/Adeng Bustomi)

Tidak hanya berpartisipasi di dua festival internasional, Tim Muhibah Angklung pun akan melakukan penampilan di beberapa kota Amerika Serikat seperti New York, Washington, Chicago, Manitowoc, dan San Francisco. Mereka juga akan mengikuti dua festival Internasional.

Keduanya yaitu Magic Valley Folk Festival di Burley, Idaho dan juga World Folkfest di Springville, Utah. Adapun Tim Muhibah Angklung berhasil menyisihkan 80 tim dari seluruh dunia dan menjadi salah satu dari 8 tim yang terpilih pada festival internasional ini.

Baca Juga: 27 Daerah di Jabar PPKM Level 1, Dinkes Jabar Minta Prokes Tetap Ketat

Baca Juga: Pimpin Jemaah Haji Jabar, Gubernur Ridwan Kamil Bertolak ke Tanah Suci

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya