Comscore Tracker

Buat Konten Negatif, Pemilik Akun TikTok @kenwilboy Terancam 6 Tahun 

Tersangka minta maaf atas perbuataannya

Bandung, IDN Times - Polrestabes Bandung mengancam pelaku Kenneth William pemilik akun TikTok @kenwilboy  dengan 6 tahun penjara. Ancaman hukuman itu setelah tersangka membuat konten negatif dengan melecehkan Masjid Pesantren Persis 1-2 Pajagalan pada Minggu (4/10/2020).

Kapolrestabes Bandung, Kombes Pol Ulung Sampurna Jaya mengatakan, saat ini Kenneth ditetapkan sebagai tersangka. Polisi juga sudah melakukan pemeriksaan pada Kenneth.

1. Polisi sebut Kenneth buat konten untuk naikan followers

Buat Konten Negatif, Pemilik Akun TikTok @kenwilboy Terancam 6 Tahun IDN Times/Azzis Zulkhairil

Ia menuturkan, dari hasil pemeriksaan kepada Kenneth, Polrestabes menyimpulkan motif pelaku hanya untuk menambahkan followers pada akun media sosial atau pada akun TikToknya.

"Motifnya hanya untuk tambah followers. Dia memang sudah merencanakan pembuatan konten video tersebut," ujar Ulung di Kapolrestabes Bandung, Senin (5/10/2020).

2. Kenneth diancam penjara selama 6 tahun

Buat Konten Negatif, Pemilik Akun TikTok @kenwilboy Terancam 6 Tahun Ilustrasi Napi (IDN Times/Arief Rahmat)

Ia menambahkan, konten video yang ia buat murni merupakan hasil olah visual dan tidak berdasarkan kejadian nyata. Penyidik Polrestabes Bandung pun tetapkan Kenneth melanggar pasal ITE.

"Yang kita terapkan yakni pasal 45 A ayat 2 UU RI nomor 19 tahun 2016 perubahan atas UU nomor 11 tahun 2008 tentang informasi dan transaksi elektronik. Ancaman pidananya maksimal 6 tahun," ungkapnya.

3. Kenneth mengaku salah dan meminta maaf

Buat Konten Negatif, Pemilik Akun TikTok @kenwilboy Terancam 6 Tahun Ilustrasi Napi (IDN Times/Arief Rahmat)

Sebelumnya, Kenneth yang berprofesi sebagai mahasiswa di salah satu kampus Kota Bandung ini, mengaku bahwa konten dubbing lagu diskotek dengan objek gambar Masjid Pesantren Persis 1-2 Pajagalan tersebut dilakukan karena iseng.

Ia menuturkan, atas perbuatannya itu, ia mengaku salah dan meminta maaf pada beberapa pihak yang terkait termasuk Persis yang dalam hal ini merupakan pihak yang paling dirugikan lantaran masjid yang ia jadikan objek kontennya merupakan masjid yang dikelola oleh Persis.

4. Kenneth akui konten dibuat untuk iseng-iseng

Buat Konten Negatif, Pemilik Akun TikTok @kenwilboy Terancam 6 Tahun Ilustrasi Penjara (IDN Times/Mardya Shakti)

Saat disinggung soal motivasi melakukan konten tidak terpuji itu, Kenneth mengaku, hal ini dilakukan atas dasar iseng dan tidak ada niatan untuk melecehkan dan membuat sakit hati satu golongan tertentu. Ia menegaskan, atas apa yang sudah diperbuatnya ia meminta maaf.

Ia membantah, perbuatannya tersebut dilakukan untuk menaikkan followers atau pengikut akunnya di platform TikTok. Ia mengaku perbuatannya dilakukan atas keisengan semata dan tidak ada motif lainnya.

Baca Juga: Akun Tiktok @kenwilboy Lecehkan Masjid, Begini Tanggapan Persis Jabar

Baca Juga: Lecehkan Masjid Persis Bandung, Pria Pengguna Tiktok Ditangkap Polisi 

Topic:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya