27 Daerah di Jabar PPKM Level 1, Dinkes Jabar Minta Prokes Tetap Ketat

Jabar masih khawatir dengan COVID-19

Bandung, IDN Times - Sebanyak 27 kabupaten dan kota di Jabar dinyatakan sudah menetapkan Pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level 1. Namun, Dinas Kesehatan (Dinkes) Jabar meminta agar protokol kesehatan (prokes) tetap ketatat.

Kepala Dinkes Jabar, dr. Nina Susana Dewi mengatakan, status PPKM level 1 merupakan berita baik untuk seluruh daerah di Jabar. Namun, dengan status masih pandemik, masyarakat harus tetap menerapkan prokes.

"Melihat dari Inmendagri yang terbaru, Jabar memang berada dalam PPKM Level 1 semua. Masih ada kebijakan dari kami, bahwa walau semua (wilayah Jabar) PPKM Level 1, kita ini sebetulnya belum endemik, tapi baru melandai," ujar Dewi saat dihubungi, Rabu (15/6/2022).

1. Ada 3M dan 3T yang harus tetap dilakukan

27 Daerah di Jabar PPKM Level 1, Dinkes Jabar Minta Prokes Tetap KetatIDN Times/Debbie Sutrisno

Dewi menjelaskan, dalam kondisi ini masyarakat jangan menganggap bahwa COVID-19 sudah tidak ada. Menurutnya, masyarakat harus tetap berpegangan bahwa status pandemik masih diterapkan di Indonesia termasuk wilayah Jabar.

"Jadi, kami tetap mengimbau prinsip 3M dan 3T itu dilaksanakan. Walaupun sudah ada imbauan di luar ruangan boleh tanpa masker, tapi kami harap kesadaran masyarakat karena belum semua orang bisa bebas," ungkapannya.

2. Komorbid dan anak-anak diminta tetap gunakan masker

27 Daerah di Jabar PPKM Level 1, Dinkes Jabar Minta Prokes Tetap KetatMahasiswa jurusan seni yang tergabung dalam Komunitas Mural-Marul melukis mural di Kota Tulungagung, Tulungagung, Jawa Timur, Kamis (13/8/2020). Mereka mengampanyekan penggunaan masker kepada masyarakat selama pandemi COVID-19 (ANTARA FOTO/Destyan Sujarwoko)

Selain itu, Dewi mengatakan bahwa banyak saat ini masyarakat yang merasa COVID-19 sudah tidak ada. Hal itu dia anggap sebagai sesuatu yang keliru. Dia menegaskan, selama status masih pandemik, COVID-19 tetap ada.

"Masyarakat harus tetap jaga prokes, apalagi orang yang komorbid atau anak-anak itu tetap harus memakai masker," ucapnya.

3. Dinkes sarankan penggunaan masker tetap diterapkan

27 Daerah di Jabar PPKM Level 1, Dinkes Jabar Minta Prokes Tetap KetatPedagang menata masker karakter wajah berbahan kain di Solo, Jawa Tengah, Senin (8/6/2020) (ANTARA FOTO/Maulana Surya)

Dewi menambahkan, kebijakan protokol kesehatan akan tetap dipengang Pemprov Jabar walapun PPKM sudah masuk level 1. Dia mengimbau agar masyarakat juga bisa tetap tertib menerapkan prokes saat beraktivitas di luar ruangan.

"Kami menyarankan untuk selalu hati-hati dan tetap mengenakan masker, apalagi sekarang di ruang tertutup orang sudah mulai duduk berdempetan. Masker harus selalu dijaga, jaga juga harus dilaksanakan," katanya. 

4. Jabar PPKM level 1 berdasarkan instruksi Mendagri

27 Daerah di Jabar PPKM Level 1, Dinkes Jabar Minta Prokes Tetap KetatMendagri Tito Karnavian (ANTARA FOTO/Wahyu Putro A)

Untuk diketahui, pemerintah pusat telah menerbitkan Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 29 dan 30/ 2022 tentang pengaturan PPKM di Jawa-Bali. Dalam surat Mendagri itu menyatakan bahwa daerah di Jabar masuk PPKM level 1.

Inmendagri Nomor 29 dan 30 Tahun 2022 itu berisi tentang perpanjangan PPKM Jawa-Bali hingga 4 Juli 2022. Adapun 27 daerah di Jabar masuk PPKM level 1.

Baca Juga: Dinkes Jabar Targetkan Imunisasi Anak Capai 95 Persen di Akhir 2022

Baca Juga: Ridwan Kamil Minta Dinkes Jabar Kawal Kasus Pasien Meninggal di RSHS

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya