TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Polda Jabar Imbau Pemudik Pakai Sepeda Motor Tak Bawa Muatan Berlebih

Jangan sampai mudik pakai motor bahayakan orang lain

Pemudik menggunakan kendaraan roda dua (ANTARA FOTO/Fakhri Hermansyah)

Bandung, IDN Times - Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Barat mengimbau para pemudik yang akan mengendarai sepeda motor agar tak membawa muatan berlebihan saat mudik Lebaran 1443 Hijriah.

Kabidhumas Polda Jawa Barat Kombes Pol Ibrahim Tompo mengatakan, muatan yang dimaksud yakni baik penumpang maupun barang. Ketika muatan yang dibawa berlebihan dikhawatirkan jadi pemicu hal berbahaya dalam perjalanan.

"Muatannya jangan terlalu banyak, baik orang maupun barang yang dimuatnya," kata Ibrahim di Bandung, Jawa Barat, Jumat (22/4/2022).

1. Kendaraan bermuatan lebih bisa berbahaya pada keselamatan pengendara lain

Ilustasi. (ANTARA FOTO/Muhamad Ibnu Chazar).

Menurutnya pengguna jalan, khususnya pengendara motor perlu mewaspadai bahaya ketika muatan berlebihan. Musababnya, bukan hanya membahayakan diri sendiri, tetapi juga membahayakan pengendara lain.

"Kemudian pada saat berjalan, sangat hati-hati dan waspada dengan kendaraan lain," kata dia.

Ia pun meminta kepada masyarakat yang akan mudik menggunakan sepeda motor agar mempersiapkan kendaraannya. Sebab tak jarang pemudik sepeda motor juga memiliki tujuan dengan jarak yang cukup jauh.

2. Ada tiga jalur arteri yang bisa digunakan pemudik dari Jabar

potret jalur pansela Jawa (instagram.com/medcomid)

Para pemudik sepeda motor, menurutnya hanya bisa menggunakan jalur arteri pada umumnya. Di Jawa Barat, kata dia, ada tiga jalur arteri untuk arus mudik yakni jalur utara, jalur tengah, dan jalur selatan.

Sehingga, kata dia, para pemudik yang menggunakan jalur arteri tidak akan terkena kebijakan ganjil-genap atau one way. Karena rekayasa lalu lintas akan menyesuaikan dengan kondisi arus di lapangan.

"Pemudik juga bisa beristirahat di pos-pos rest area yang tersedia di sejumlah titik jalur mudik di Jawa Barat," kata Ibrahim.

Berita Terkini Lainnya