TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Polda Jabar: Hoax dan Gangguan Kamtibmas Jadi Fokus Pengamanan Pemilu 

Berharap media massa ikut bantu mimimalisir berita bohong

ilustrasi hoax (IDN Times/Sukma Shakti)

Bandung, IDN Times - Kepolisian Daerah Jawa Barat melakukan pertemuan dengan pimpinan media massa dalam persiapan pemilihan umum (pemilu) 2024. Kabid Humas Polda Jabar Kombes Pol Ibrahim Tompo mengatakan, pertemuan ini guna menjalin koordinasi agar media massa bisa ikut membendung penyebaran informasi hoax. 

Menurutnya, salah satu yang menjadi fokus pengamanan, pada Pemilu 2024 di wilayah Jawa Barat, yakni adanya berita hoax. Selain berita hoax, adanya gangguan Kamtibmas, juga menjadi fokus pengamanan pada Pemilu 2024, nanti. 

"Jadi, mengenai ukuran terkait dengan potensi gangguannya memang berbagai aspek itu menjadi pertimbangan, seperti dari kondisi berita hoaks," kata Ibrahim, di Mako Brimob, Selasa (31/10/2023).

Selain itu, gangguan kamtibmas pun harus bisa dipersempit. Sebab kedua hal tersebut bisa berdampak buruk pada penyelenggarakan pemilu serentak. 

1. Program pengamanan sudah disiapkan

IDN Times/Istimewa

Untuk itu, pihak kepolisian tengah menyusun program pengamanan yang mempersiapkan kondisi yang akan dihadapi, untuk mengantisipasi berita hoax dan gangguan Kamtibmas. 

Konsentrasi ke depan adalah bagaimana menyelenggarakan tiap tahapan pemilu tersebut tanpa ada permasalahan Kamtibmas yang timbul. Yang dikedepankan nantinya lebih fokus pada suatu kewilayahan.

"Di mana nanti ujung tombaknya itu pasti pada polres namun kita menggunakan sistem back up personel," katanya. 

2. Polisi akan saling membantu dalam setiap pengamanan

Ilustrasi Pemilu (IDN Times/Arief Rahmat)

Guna mendukung gangguan yang ada, nanti pada pelaksanaan pengamanan, personel Polda Jabar, bakal disebar ke tiap satuan wilayah. Selain melakukan bantuan personel, Polda Jabar juga membantu sarana prasarana untuk mendukung pengamanan. 

"Demikian juga dengan penggunaan personel, nanti akan dikedepankan personel di wilayah kemudian nanti akan dibantu kekurangannya oleh Polda. Demikian halnya dengan dukungan peralatan, kita akan gunakan sistem back up dengan Polsek, dan polres," katanya.

Baca Juga: Gusdurian Minta Tak Ada Konflik Kepentingan dalam Pemilu 2024

Berita Terkini Lainnya