TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Pertamina Bandung Siapkan 10 Posko Pendaftaran Manual MyPertalite

Penerapan pembelian pertalite lewat QR Code belum berlaku

Konsumen mendaftarkan diri di laman MyPertamina dibantu petugas dari Pertamina Bandung. IDN Times/Debbie Sutrisno

Bandung, IDN Times - PT Pertamina telah mengimbau masyarakat untuk mendaftar di laman MyPertamina untuk mendapatkan kode batang (QR Code). Nantinya QR Code tersebut bisa digunakan untuk membeli bahan bakar minyak (BBM) jenis pertalite dan solar.

Sales Area Manager PT Pertamina Patra Niaga Area Retail Bandung Fachrizal Imaduddin menuturkan, bagi konsumen yang tidak bisa mengisi data tersebut di ponsel sendiri, bisa datang ke posko yang disediakan PT Pertamina. Sebanyak 10 posko yang disebar di wilayah Jawa Barat dipasang untuk menampung keluhan masyarakat.

"Bagi yang bingung dan butuh konsultasi kami membuat booth posko pendaftaran dan ada materi komunikasi di seluruh SPBU di Kota Bandung, Tasikmalaya, dan Sukabumi," kata Fachrizal ditemui di Bandung, Jumat (1/7/2022).

1. Masyarakat diimbau tidak panik

IDN Times/Debbie Sutrisno

Menurut Fachrizal, sejauh ini banyak masyarakat yang mengeluhkan aturan baru pembelian BBM bersubsidi. Bahkan karena aturan itu, sempat terjadi antrean kendaraan di SPBU beberapa hari sebelum aturan diterapkan.

Dia meminta masyarakat untuk tetap tenang merespons aturan baru tersebut. Penerapan aturan tersebut tidak dilakukan per hari ini.

"Warga Jabar untuk program 1 Juli adalah kami melakukan pendaftaran, tidak ada mekanisme pembatasan, tidak ada mekanisme apapun. Silakan warga tetap tenang melakukan pembelian BBM di SPBU dengan normal," jelasnya.

2. Aturan baru untuk pendistribusian BBM bersubdisi yang tepat sasaran

Pertalite. (Dok. Pertamina)

Menurutnya, aturan baru itu dilatarbelakangi pemerintah melalui Pertamina supaya penyaluran BBM bersubsidi tepat sasaran.

Maka dari itu, masyarakat diminta mendaftar melalui aplikasi atau website MyPertamina hingga batas waktu yang tentukan.

"Melalui Pertamina Id itu untuk bisa melindungi subsidi bagi konsumen yang berhak. Maka saya mengajak kepada seluruh pengguna Pertalite dan Bio Solar yang berhak, silakan melakukan pendaftaran di website," ujarnya.

Berita Terkini Lainnya