TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Ada Kereta Cepat, GT Tol Cipularang KM 106 di KBB Bakal Dibuka

Proses pembukaan GT 106 Cipularang sudah ditempuh

Ruas Tol Cipularang KM 106 di Cikalongwetan, KBB. (Bangkit Rizki/IDN Times)

Bandung Barat, IDN Times - Penjabat (Pj) Bupati Bandung Barat Arsan Latif memastikan interchange Jalan Tol Cipularang KM 106 atau Tol STA di daerah Warung Domba, Kecamatan Cikalongwetan, Kabupaten Bandung Barat (KBB) bakal dibuka. Saat ini pembukaan Gerbang Tol (GT) baru itu sedang dalam proses perizinan.

"Pembukaan interchange Warung Domba dilanjutkan karena ada investor yang akan membiayai proyek tersebut yaitu dari konsorsium Ciputra," kata Arsan, Sabtu (28/10/2023).

Dia mengatakan, pembukaan interchange Ruas Jalan Tol Cipularang KM 106 itu nantinya bisa menjadi akses alternatif bagi pengendara yang akan menuju Kota Bandung maupun Jakarta. Kemudian bisa juga untuk menunjang keberadaan Stasiun Hub Kereta Cepat Whoosh yang berada di Bandung Barat.

Kemudian dampak lebih jauhnya, keberadaan GT baru itu akan menumbuhkan perekonomian. "Dengan kondisi itu, artinya daerah tersebut menjadi lebih hidup dan tentunya perekonomian masyarakat jadi terdorong hingga akhirnya akan meningkat," ujar dia.

1. Proses perizinan pembukaan GT Tol Cipularang 106 sudah ditempuh

(Bangkit Rizki/IDN Times)

Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda KBB, Asep Wahyu mengatakan, Pemkab KBB sudah menempuh proses perizinan untuk pembukaan interchange Jalan Tol Cipularang KM 106 atau Tol STA di daerah Warung Domba, Kecamatan Cikalongwetan.

"Pembukaan interchange Warung Domba itu proses perizinannya sudah ditempuh dan saat ini tinggal Amdal Lalin oleh Kementerian Perhubungan," ujar Asep.

Ia mengungkapkan, sebetulnya pembukaan interchange Tol Cipularang KM 106 sudah direncanakan sejak 2009, namin gagal terealisasi karena persoalan modal. Rencana itu mengemuka lagi pada 2019 tapo lagi-lagi gagal karena persoalan serupa.

"Warung Domba sendiri sudah direncanakan sejak 2009, RTRW-nya pun sudah dilakukan penyesuaian untuk mendukung rencana tersebut. Tapi ketika itu, belum ada investornya, kemudian tahun 2019 mencuat lagi rencana tersebut, tapi juga belum terealisasi," kata Asep.

2. Kawasan perkotaan modern akan dibangun di Walini Raya

(Bangkit Rizki/IDN Times)

Asep mengatakan, di dekat GT 106 Tol Cipularang itu tepatnya di kawasan Walini Raya juga nantinya akan dibangun kawasan perkotaan modern freedom park.
"Sehingga dengan adanya interchange Warung Domba itu nantinya akan menjadi akses masuk ke kawasan kota modern Bandung Freedom Park," ucal Asep.

Untuk saat ini rencana pembangunan Bandung Freedom Park tersebut tengah dilaksanakan kajian kontur tanah, serta kelaikan lahan, sedangkan Kesesuaian Kegiatan Pemanfaatan Ruang (KKPR) sudah keluar dan memulai melakukan analisis dampak lingkungan (amdal).

Baca Juga: Punya Stasiun KCJB, Dishub KBB Usulkan Pintu Tol Baru

Baca Juga: Heboh! Pria di KBB Coba Bunuh Diri dari Trase Kereta Cepat Whoosh

Berita Terkini Lainnya