Bey Machmudin: BIJB Kertajati Mulai Beroperasi Penuh Besok!

Persiapan teknis sudah sampai 100 persen

Bandung, IDN Times - Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin memastikan, Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati bisa beroperasi penuh pada 29 Oktober 2023 besok. Seluruh persiapan bandara ia pastikan sudah matang

Bey Machmudin mengatakan, ia sudah mengecek langsung persiapan bandara yang berlokasi di Majalengka itu. Menurutnya, semua persiapan sudah maksimal, dan sudah siap menerima semua penumpang yang datang dan akan berangkat dari BIJB.

"Persiapan sudah 100 persen. Tinggal persiapan-persiapan tenant dan sebagainya," ucap Bey, dikutip Sabtu (28/10/2023).

1. Shadow operation sudah dilakukan

Bey Machmudin: BIJB Kertajati Mulai Beroperasi Penuh Besok!Gedung Terminal Bandara Kertajati. (IDN Times/Hardiansyah)

Selain itu, Bey juga melaporkan bahwa shadow operation atau operasi bayangan bandara sudah mulai dilakukan, dan pelaku UMKM pun sudah mulai mengisi tenant-tenant.

"Pak Dirut BIJB, M. Singgih juga tadi lapor persiapan sudah cukup baik, sudah ada shadow operation. Hanya ada satu catatan tentang petunjuk arah yang internasional ke mana, dan domestik yang mana," tuturnya.

2. Divisi keamanan juga sudah maksimal

Bey Machmudin: BIJB Kertajati Mulai Beroperasi Penuh Besok!Bandara BIJB Kertajati Dok. Istimewa / WIjaya Karya (WIKA)

Terkait keamanan BIJB Kertajati, Bey mengatakan bahwa sudah banyak pos polisi di wilayah bandara dan kamera CCTV yang terhubung langsung ke pos polisi. "Divisi keamanan juga sudah baik," ucap Bey.

Akan ada tujuh rute penerbangan pesawat jet yang pindah dari Bandara Husein ke Kertajati. Tujuh rute itu adalah penerbangan dari dan menuju Balikpapan, Banjarmasin, Batam, Denpasar, Makassar, Medan, dan Palembang.

Maskapai yang melayani penerbangan AirAsia, Super Air Jet, hingga Citilink. Operator bandara menjadwalkan rute beroperasi setiap hari.

3. Angkasa Pura II pastikan BIJB Kertajati 100 persen siap beroperasi

Bey Machmudin: BIJB Kertajati Mulai Beroperasi Penuh Besok!Bandara Internasional Kertajati Jawa Barat (BIJB). (IDN Times/Debbie Sutrisno)

Sebelumnya, Direktur Utama PT Angkasa Pura II, Muhammad Awaluddin mengatakan, sebagai operator BIJB Kertajati, semua persiapan sudah sangat matang. Apalagi bandar udara yang ada di Kabupaten Majalengka itu sebelumnya sudah beroperasi.

"Kalau secara kesiapan kami sudah 100 persen, tapi untuk memastikan dalam konteks penataan dan pemindahan 23-25 Oktober kami akan melakukan shadow opration," ujar Awaluddin saat ditemui di Bandung, Selasa (17/10/2023).

Menurutnya, shadow operation harus dilakukan sebelum penerbangan dioperasikan kembali sepenuhnya. Adapun BIJB Kertajati sendiri nantinya akan melayani beberapa rute penerbangan yang sebelumnya ada di Bandara Internasional Husen Sastranegara (BDO).

"Shadow operation dilakukan dalam konteks familiarisasi dan pemastian di lapangan, jadi kami panggil beberapa maskapai untuk contoh pembagian counter check in dan lainnya," ucapnya.

Wajah BIJB Kertajati sendiri nantinya akan berubah dari pengoperasian sebelumnya. Dia memastikan, Angkasa Pura II akan memaksimalkan pelayanan agar para penumpang nyaman dan saat datang dan terbang dari Kertajati.

"Pada akhirnya kami akan mengatakan 'terbang asik dari Kertajati' jadi terbang harus keren, dan nyaman. Orang kan dalam perjalan stres, takut terlambat, takut bermasalah, dan segala macam. Kami ingin permudah apapun," katanya.

Baca Juga: Kecamatan Kertajati dan Airasia Sebar Tiket Gratis BIJB-Bali

Baca Juga: Menhub Sebut Tiga Negara Investasi di BIJB Kertajati Majalengka

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya