TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Hasil Rapid Test di KBB: Satu Orang Dinyatakan Positif Corona

Pasien positif itu berkontak dengan Pendeta asal Parongpong

Ilustrasi (Humas Pemkab Bekasi)

Bandung Barat, IDN Times - Pemerintah Kabupaten Bandung Barat (KBB) telah rampung menggelar rapid test alias tes cepat untuk Orang dalam Pemantauan (ODP) di wilayah KBB yang digelar sejak Jumat (27/3) lalu.

Pada gelaran tes cepat itu, ODP dari klaster kegiatan keagamaan di Lembang dan klaster acara Musda HIPMI di Karawang juga turut menjadi bagian pasien yang wajib tes.

1. Dari 131 yang dilakukan tes, satu orang dinyatakan positif

Tes COVID-19 drive thru di Kota Bogor (Instagram/@ridwankamil)

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) KBB, Hernawan Widjajanto mengatakan, wilayah KBB hanya mendapat jatah 131 tes kit corona. Dari 131 peserta yang dites, ada satu pasien yang dinyatakan positif virus corona COVID-19.

"Satu pasien positif itu merupakan kontak erat dari Pendeta asal Desa Cihanjuang Parongpong yang meninggal pekan kemarin. Entah keluarga entah pembantunya," kata Hernawan, saat dihubungi, Minggu (29/3).

2. Pasien positif bakal dites ulang menggunakan PCR

news-medical.net

Pasien akan melakoni tes ulang menggunakan metode molekuler alias Polymerase Chain Reaction (PCR), untuk memastikan kembali bahwa pasien itu memang benar-benar positif virus corona. Tes PCR sendiri menurut Hernawan dinilai lebih akurat dari alat tes yang digunakan di tes massal atau tes cepat.

"Kita mau lakukan tes menggunakan PCR agar lebih valid. Tapi kemungkinan besar bisa dipastikan positif karena kontak erat," sebutnya.

3. Warga KBB klaster Karawang dinyatakan negatif

ANTARA FOTO/Jojon

Sementara itu, sejumlah warga KBB yang masuk kategori ODP bagian dari klaster acara Musda HIPMI di Karawang seluruhnya telah dinyatakan negatif terinfeksi virus corona, setelah mereka menjalani rapid test.

"Di KBB yang ikut klaster Karawang ada 11 orang anggota HIPMI. Tapi baru 9 orang yang rapid test. Semuanya negatif," kata Hernawan.

Berita Terkini Lainnya